27 May 2020, 04:26Kandungan

Mengapa keluar darah haid pasca kuretase?

A
Info Penanya: A, Wanita, 24 Tahun
Halo dok,Mau tanya. Saya melakukan kuretase pada tanggal 20 Mei kemarin krn janin tidak berkembang. Setelah itu saya tidak ada pendarahan. Hanya bercak kecoklatan saja. Tetapi kemarin, 25 Mei sya pendarahan sekali saja saat pagi hari kemudian berhenti lagi. Apa iti wajar? Sekarang tidak ada sama sekali bercak darah atau apapun. Terimakasih.
5704 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat malam, A. Kehamilan merupakan kondisi yang dinatikan oleh semua pasangan suami istri terutama yang baru saja menikah. Namun hal yang terjadi pada kehamilan tidak semua berjalan dengan lancar, pada sebagian calon ibu dapat mengalami kehamilan dengan janin yang tidak berkembang.Adapun penyebab yang pada umumnya terjadi adalah karena kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Kondisi ini seringkali terjadi pada periode awal kehamilan, bahkan mungkin sebelum seseorang menyadari kehamilannya.

Ketika mengalami kehamilan anembrionik Anda tentunya akan mengalami tanda-tanda kehamilan pada umumnya seperti:

  • Terlambat haid.
  • Mual muntah terutama di pagi hari.
  • Payudara terasa kencang.
  • Terdapat bercak (spotting) atau perdarahan yang keluar dari vagina.
  • Adanya kram perut.
  • Menstruasi yang lebih berat dari biasanya.
  • Adanya peningkatan hormon hCG sehingga pada test pack hasil positif.
Untuk itu dokter kandungan biasanya akan melakukan tindakan kuretase apabila diagnosa kehamilan kosong sudah ditegakkan melalui pemeriksaan usg. Tindakan ini dilakukan untuk mengangkat sisa-sisa jaringan janin dari rahim.Terkait dengan kondisi yang Anda alami perdarahan 1 kali pasca kuretase tersebut dapat merupakan darah sisa dari rahim yang keluar seperti darah nifas, hal ini normal terjadi pada orang pasca kuretase. Namun jika Anda mengalami kram perut terus menerus serta keluar darah yang tidak wajar sebaiknya periksakan diri Anda kembali ke dokter spesialis kandungan ya.Sementara Anda harus banyak minum air putih, banyak makan sayur dan buah, serta berolahraga untuk mengembalikan kesuburan Anda kembali. Semoga bermanfaat.Salam sehat,  dr.Sri Wulantini
masalah kehamilanhamil kosongkehamilan anembrionik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil