19 Jun 2021, 12:18Kandungan

Haid terlambat, usia 48 tahun kenapa?

NH
Info Penanya: NH0
Assalamualaikum dokter.. Saya wanita umur 48 th.. Saya mau bertanya apakah wanita umur 48 th masih ada kemungkinan hamil? Saya datang bulan terakhir tgl 13 bulan Mei dan di Bulan Juni ini saya ga datang bulan Dok, padahal sebelum nya saya tdk ada masalah haid saya selalu lancar dengan siklus 28 hari.. Lalu saya melakukan test pack sdh 2x dok tapi hasilnya negatif, apakah saya bisa di katakan hamil dok?
254 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaHaid terlambat sering kali dikaitkan dengan adanya kehamilan, padahal tidak semua penyabab terlambat haid pada wanita adalah karena kehamilan. Secara normal siklus haid wanita adalah 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. 

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan haid terlambat adalah:

  • Kelelahan fisik
  • Adanya perubahan berat badan ataupun berat badan yang tidak ideal
  • Stres, cemas
  • Ketidaksiembangan hormon
  • PCOS
  • Penyakit pada organ reproduksi
  • Efek dari pemakaian alat kontrasepsi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab dari terlambat haid yang terjadi pada Anda, bisa di karenakan oleh kondisi yang disampaikan di atas. Selain itu pada usia 48 tahun bisa juga terjadi premenopause ataupun menopause. Sehingga, terjadi perubahan hormonal dalam tubuh yang menyababkan siklus haid menjadi tidak lancar dan setelah itu berhenti tidak haid sama sekali. Terkait adakah kemungkinan hamil atau tidak, bila sudah dilakukan tes kehamilan 2 kali hasilnya negatif maka kemungkinan bukan disebabkan oleh hamil. Namun, untuk lebih memastikannya Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Usahakan tetap konsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan, jaga kebersihan area kewanitaan Anda, hindari seks bebas, jaga berat badan Anda tetap ideal dan lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidmenopausehaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil