19 May 2021, 07:23Kandungan

Haid Terlambat keluar flek apakah berbahaya?

MD
Info Penanya: MD, Wanita, 20 Tahun
Saya wanita 21 tahun yang blm menikah, sudah telat haid 4 hari dok, tetapi haid yang saya alami setelah telat 4 hari ini hanya berupa flek saja dan sedikit, hanya berlangsung selama 2 hari saja. Apakah itu berbahaya?
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang MD,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Terlambat haid sebenarnya hal yang normal di alami oleh setiap wanita. Umumnya haid tidak selalu datang pada tanggal yang sama setiap bulannya. Terkadang maju atau mundur dalam beberapa hari. Siklus haid setiap wanita juga berbeda-beda. Ada yang mengalami haid selama 28 hari. Ada juga yang mengalami haid selama 21-35 hari. Durasi perdarahan setiap wanita juga berbeda-beda rata-rata mengalami siklus haid selama 3-7 hari.

Beberapa faktor yang menyebabkan terlambat haid :

  • Stres
  • Aktifitas fisik yang melelahkan
  • Konsumsi makanan yang tidak sehat, terlalu banyak konsumsi kafein dan soda
  • Penyakit organ reproduksi seperti myoma dan PCOS
  • Gangguan hormonal seperti tiroid
Berkaitan dengan pernyataan yang Anda berikan, jika Anda mengalami flek setelah terlambat haid, mungkin saja flek yang terjadi karena tanda Anda akan memasuki masa haid. Anda tidak perlu khawatir, terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, banyak konsumsi air putih dan istirahat cukup. Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat berkonsultasi ke dokter kandungan terdekat dari lokasi Anda atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil