Apakah mual dan nyeri payudara merupakan tanda pasti dari kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 24 Tahun
Halo dok, Saya mau tanya. Saya terakhir haid tanggal 28 Mei, lalu Saya berhubungan di tanggal 1 Juni, ejakulasi diluar vagina tetapi melakukan hubungannya berkali kali. Nah sampai saat ini Saya blm jg haid, dan mengalami tanda tanda seperti flek, mual, payudara nyeri. Apakah itu tanda hamil atau tanda mau haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Pada saat terjadi pertemuan sel sperma dengan sel telur wanita dan terjadi pembuahan maka bisa menyebabkan kehamilan. Oleh karena itu, perlunya dilakukan hubungan seksual dengan pria melakukan ejakulasi di dalam vagina untuk membantu mempermudah bertemunya sel sperma dengan sel telur wanita. Selain itu, hubungan seksual juga perlu dilakukan pada saat wanita dalam masa subur. Untuk bisa mengetahui masa subur seorang wanita sebaiknya mengetahui siklus menstruasinya terlebih dahulu.

Terlambatnya siklus haid salah satunya bisa disebabkan oleh adanya kehamilan. Seseorang bisa dikatakan hamil apabila terlambat haid dan memiliki tanda pasti dari adanya kehamilan. Adapun tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dari pemeriksaan tes kehamilan, hasil pemeriksaan fisk dan diagnostik oleh dokter serta hasil pemeriksaan USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter sepesialis kandungan.

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila Anda melakukan hubungan seksual dengan sperma tidak dikeluarkan di dalam maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Namun, apabila siklus menstruasi Anda mengalami keterlambatan, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk memastikannya. Mual, muntah, payudara nyeri bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan.

Sebisa mungkin berusaha menghindari stres dan kelelalahn, beristirahat dengan cukup, lakukan olahraga rutin, konsumsilah makanan sehat serta bergizi siembang. Jika siklus haid masih belum lancar, periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alokasikan waktu untuk berbagi kasih, sebagai cara meningkatkan keintiman emosional dalam hubungan

Hubungan Asmara Mulai Hambar? Terapkan Cara Meningkatkan Keintiman Emosional Ini

Hubungan asmara dan pernikahan, ada kalanya mengalami penurunan keintiman emosional. Untuk menyelamatkan hubungan yang kian hambar, ada beberapa cara meningkatkan keintiman emosional yang bisa dilakukan. Berkonsultasi dengan konselor pernikahan, menjadi salah satunya.