Haid terlambat dengan hasil tes kehamilan negatif, kenapa ya dok?

DF Info Penanya: DF, Wanita, 2019 Tahun
Telat haid tapi di tes kehamilan negatif itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Banyak penyebab selain kehamilan yang mengakibatkan haid terlambat atau menstruasi terlewat sama sekali. Penyebabnya bervariasi dari ketidakseimbangan hormon, bisa akibat usia muda dan organ kandungan belum matang. Bisa juga ada gangguan klinis di organ kandungan. Pada usia remaja atau wanita muda siklus seringkali tidak teratur karena masih fase transisi sehingga hormon sering berubah-ubah. Siklus menstruasi normal bisa berjarak 21-35 hari dengan yang paling sering 28 hari jarak antara keluarnya darah menstruasi.

Bila diluar waktu tersebut, bisa disebabkan banyak hal seperti stres dapat membuat hormon tidak seimbang dan mempengaruhi bagian otak yang mengatur siklus haid. Semakin stres menumpuk bisa mengakibatkan perubahan berat badan atau tubuh tidak fit yang semakin mempengaruhi siklus Anda. Tubuh yang kurus dan kurang gizi bisa mempengaruhi fungsi tubuh dan menghentikan ovulasi (proses pematangan sel telur). Aktivitas ekstrim seperti pada atlit juga bisa mengakibatkan menstruasi berhenti.

Bila haid Anda tak kunjung muncul, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan tambahan seperti laboratorium dan USG. Beberapa penyebab klinis seperti diabetes, hipertiroid atau gangguan PCOS dimana tubuh menghasilkan lebih banyak hormon testosterone sehingga indung telur (ovarium) membentuk kista-kista. Lebih jelasnya tentang PCOS dan endometriosis bisa disimak di artikelnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.