18 Dec 2020, 16:54Kandungan

Penyebab keluarnya flek kecoklatan sebelum menstruasi 

IH
Info Penanya: IH0
Assalamualaikum,, saya mau bertanya,, saya baru menikah,, awal nya setelah menikah saya haid,, tgl 25 nov sampai tgl 30 nov saya berhenti,, setelah selang waktu 11 hr, tgl 12 des keluar flek sampai 3hri.. Dr tgl 12,13,14 , setelah tgl 15 kluar darah dan darah nya sangat bnyk... Sebelum nya saya tidak pernah mengalami seperti ini .. Sblm menikah saya haid normal setiap bulan sekli Apakah ini msh normal atau kenapa ya??
703 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam wr wb, I.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Proses menstruasi setiap wanita berbeda-beda dan tidak mesti sama tanggal setiap bulannya. Karena tiap bulan pun berbeda jumlah hari. Mestruasi bisa banyak maupun sedikit, bisa lebih lama atau lebih sebentar, melebihi durasi normal yaitu 3 hingga 7 hari, ataupun siklus menstruasi yang tidak teratur dapat memanjang atau memendek.Jika dihitung dari hari pertama haid terakhir Anda yaitu tanggal 25 November ke menstruasi hari pertama haid berikutnya yaitu setelah tanggal 15 Desember sekitar 21 hari merupakan siklus menstruasi yang normal yaitu 21 hingga 35 hari. Pengeluaran haid biasanya lebih banyak di hari pertama hingga hari ketiga diikuti jumlah yang semakin sedikit. Biasanya menstruasi ini juga diikuti dengan nyeri dan keram perut serta perubahan emosi dan rasa tidak nyaman di payudara.

Penyebab keluarnya flek kecoklatan sebelum menstruasi 

Penyebab keluarnya flek kecoklatan sebelum menstruasi  antara lain :
  • Proses premenstrual syndrome (PMS).
  • Lecet akibat berhubungan seksual dimana konsdisi vagina sedang kering dan kurang pelumas.
  • Infeksi pada organ intim berupa keputihan yang disertai dengan darah.
  • Penggunaan alat kontrasepsi baik yang mengandung hormon maupun kontrasepsi non hormonal seperti IUD / alat kontrasepsi dalam rahim.
  • Proses implantasi pada kehamilan dan proses menyusui bayi.
  • Gejala penyakit polycystic ovarium syndrome (PCOS).
  • Infeksi pada servik.

Kapan harus ke dokter?

Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika flek kecoklatan dirasakan terus menerus diikuti rasa nyeri, dan telat haid lebih dari 35 hari (siklus haid memanjang) serta tanda kehamilan yang muncul, flek kecoklatan selalu keluar setelah berhubungan seksual, flek kecoklatan disertai bau menyengat, rasa gatal, dan perih pada vagina maupun saat berkemih, flek kecoklatan yang diikuti demam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilanflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil