15 Dec 2020, 13:37Kandungan

Apa yang menyebabkan telat haid dengan hasil test pack yang negatif ?

MO
Info Penanya: MO0
siang dok, saya mooie... saya saat ini sedang menyusui, anak saya usianya 10 bulan. ketika selesai nifas saya langsung haid di bulan berikutnya dan sampai bulan kemarin saya haid teratur setiap bulan. tapi dibulan ini saya telat sampai 6 hari, sebelumnya saya tidak pernah selama ini telat haidnya. ketika saya test, kenapa hasilnya masih negatif ya dok? mohon penjelasannya
290 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, M.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Proses menyusui dapat meningkatkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Peningkatan hormon ini kadang membuat sebagian wanita tidak menstruasi atau menstruasinya menjadi terganggu, terlebih jika menyusui secara eksklusif. Sehingga wanita susah untuk menentukan masa subur. Saat terjadinya telat haid, akan rancu dengan gangguan siklus haid atau penyebab lainnya seperti kehamilan.

Apa yang menyebabkan telat haid dengan hasil test pack yang negatif ?

Telat haid tidak mesti telat karena tidak haid dalam tanggal yang sama tiap bulannya. Seorang wanita dikatakan telat haid jika telat haid sudah lebih dari siklus mentruasi normal yaitu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama haid terakhir Anda hingga ke hari pertama haid selanjutnya. Jika lebih dari 35 hari, maka ini dapat disebut telat haid.Penyebab telat haid dengan hasil test pack yang negatif antara lain :
  • Kehamilan dengan hormon kehamilan yang belum meningkat di urin.
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik).
  • Kehamilan kosong.
  • Gangguan siklus mentruasi yang memanjang.
  • Penggunaan KB.
  • Proses menyusui.
  • Stress akibat kelelahan menurusi anak.
  • Gangguan gizi tubuh akibat malnutrisi atau berat badan yang berlebih (obesitas).
  • Penyakit penyerta lainnya seperti PCOS, penyakit gondok, penyakit lupus.
Untuk itu, hitung siklus menstruasi Anda, dan lakukan pemeiksaan urin menggunakan test pack jika siklus mentruasi telah lebih dari 35 hari. Pemeriksaan ini dapat diulang setelah 1 hingga 2 minggu kemudian. Untuk hasil yang lebih akurat, Anda dapat melakukan pemeriksaan USG. Jangan lupa untuk menggunakan alat kontrasepsi jika Anda dan pasangan belum siap mempunyai anak lagi dalam waktu dekat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari." 
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil