05 Aug 2021, 15:27Kandungan

Terlambat haid dan keluar keputihan, apakah hamil?

DP
Info Penanya: DP0
Dok jika mengalami telat haid, dan keputihan yg caie bening dan terasa basah dicelana dalam, buah dada awal terasa besar mengencang dan sakit, lalu setelah beberapa haei menjadi lunak sprti biasa namun masih terasa sakit itu pertanda mau haid atau yg lain dok? Terutama keputihan yg berwarna bening dan cair itu keputihan pertanda haid atau hamil atau yg lain?
133 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan AndaHaid terjadi dengan siklus 21- 35 hari. terlambat haid bisa terjadi karena hamil ataupun pengaruh karena faktor lain. Perlu diketahui bahwa tanda pasti kehamilan adalah hasil tes kehamilan atau test pack positif, hasil USG kandungan dan hasil dari pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan. 

Berikut ini beberapa penyebab terlambat haid selain karena hamil:

  • Stres
  • Berat badan yang mengalami periubahan secara drastis
  • Gangguan hormon
  • PCOS
  • Penyakit pada organ reproduksi
  • Efek penggunaan KB (suntik KB, pil KB, IUD dan lain sebagainya)
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, beberapa kemungkinan penyebab terlambat haid bsia karena kondisi di atas. Jika Anda curiga hamil, siakan lakukan tes kehamilan untuk memastikan. Keluar cairan bening atau keputihan yang tidak berbau, tidak disertai rasa gatal adalah kondisi yang normal menjelang haid. Sedangkan keluhan lain yang Anda rasakan bisa juga merupakan premenstrual syndrome, atau karena kondisi medis lain. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan jika keluhan ini belum membaik. Konsumsi makanan bergizi, minum air cukup, lakukan istirahat cukup dan konsumsi sayur dan buah.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidkeputihangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil