Haid telat apa sedang hamil?

IA Info Penanya: IA
Malam dok saya mau tanya pas tanggal 3 juni saya hubungan badan pas tanggal 22 juni saya haid tanggal 15 juli saya haid tapi pas akhir bulan juli ada bercak darah coklat tapi keluar ya sedikit selama hampir seminggu terus pas tanggal 7 agustus keluar banyak darah kaya lgi haid selama 4 hari tapi kenapa bulan september saya belum haid , itu jn saya hamil atau gimana dok soal nya perut saya terasa besar kaya orang hamil ji
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IA,

Tanda awal untuk mendeteksi kehamilan adalah adanya siklus haid yang terlambat. Namun perlu dipahami bahwa terlambat haid tidak selalu akibat kehamilan, tapi bisa karena stres, kelelahan, perubahan berat badan, dll.

Bila seseorang sedang hamil, maka tidak mungkin mengalami haid. Namun bisa muncul bercak darah selama kehamilan akibat iritasi serviks, polip serviks, hamil anggur, hamil di luar kandungan,  ancaman keguguran, dll yang seringkali disalahartikan sebagai sedang hamil dan haid terjadi bersamaan. Bila seseorang sudah haid, artinya tidak mungkin terjadi kehamilan karena lapisan tempat menempelnya janin di rahim sudah luruh, sehingga janin pun akan ikut luruh.

Perihal keluhan Anda yang terakhir berhubungan seksual di tanggal 3 Juni, dan selama bulan Juni, Juli, dan Agustus sudah haid, maka tentu saja Anda tidak sedang hamil. Kecuali di bulan Agustus Anda melakukan hubungan seksual kembali, maka masih ada kemungkinan hamil. Keluhan perut terasa besar bisa akibat perut kembung karena ada gangguan lambung, atau adanya BAB yang tidak lancar, jadi bukan pasti akibat kehamilan.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan perut yang membesar adalah:

  • Banyak makan sayur dan buah agar BAB lancar.
  • Minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Minum antacida bila perut terasa kembung, mual, atau buang gas tidak lancar.
  • Hindari stres.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda masih curiga hamil, atau setidaknya lakukan tes pack dulu.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Puasa untuk ibu hamil masih merupakan suatu kontroversi

Puasa untuk Ibu Hamil, Bolehkah?

Berbagai macam alasan dapat menjadi dasar keputusan berpuasa untuk ibu hamil. Puasa untuk ibu hamil sebenarnya masih sebuah perdebatan yang belum mencapai suatu kesimpulan mutlak, tetapi bagi bumil yang ingin berpuasa, sebaiknya tetap minum air saat berpuasa. Apakah baik bagi ibu hamil untuk berpuasa? Adakah efek samping yang dapat terjadi pada ibu dan janin? Temukan penjelasannya di sini.