Haid telat 9 hari tapi cek hamil negatif

A Info Penanya: A
Dok saya udh telat 9 hari , tp pas di cek negatif hamil , tapi haid gak juga datang , apa yg salah ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Terlambat haid memang sering dikaitkan dengan kehamilan, tetapi kenyataannya ada beragam penyebab terlambatnya datang bulan seperti diantaranya adalah:

  • Kondisi psikis seperti stres atau cemas
  • Aktivitas fisik berat
  • Gangguan pada organ reproduksi seperti sindrom ovari polikistik
  • Berat badan yang tidak ideal ataupun perubahan berat badan yang drastis
  • Gangguan hormonal
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Gangguan kelenjar tiroid

Jadi jika saat ini terlambat 9 hari maka perlu diperhatikan ada tidaknya pencetus lain yang membuat siklus haid terlambat. Jika nantinya timbul tanda-tanda kehamilan pada tubuh dapat kembali diulang pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack. Jika sampai 90 hari tidak juga datang menstruasi maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dicari penyebabnya. 

Lakukan pola hidup sehat agar kesehatan terjaga dengan cukup beristirahat, kelola stres dengan baik, menjaga berat badan ideal, olahraga dengan teratur dan konsumsi makanan bernutrisi baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh ST
10 Oct 2019, 14:16
Siang dok, saya bulan kemarin(september) tidak haid karena kebetulan lg stres bgt dan bulan sekarang udah tanggal 9 oktober belum haid juga perut buncit begah sering bunyi seperti orang lapar, ini masih normal atau gimana ya dok baiknya?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.