Adakah cara lain untuk mendeteksi kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 32 Tahun
Malam, dok saya mau tanya saya sudah 4bulan tidak haid, saya sudah cek tespek hasil nya negatif....tp berat badan saya naik...perut saya jg agak besar dan agak keras.itu kira kira hamil gak ya dok....atw ada yang salah dengan keadan saya...kira kira ada cara lain gak ya buat ngecek klo kita hamil atw tidak. Terima kasih sebelum nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Amenorea sekunder adalah suatu kondisi di mana seorang wanita yang sudah pernah mengalami siklus haid normal, secara tiba-tiba tidak  lagi mengalami haid selama 90 hari berturut turut (3 bulan). Amenorea sekunder ini seirng kali dikaitkan oleh adanya kehamilan. Padahal, terdapat beberapa kondisi medis lain yang dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Adapun beberapa penyebab amenorea sekunder adalah:

  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi (suntik KB, Pil KB, dan lain sebagainya)
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Stres
  • Kelelahan
  • Adanya masalah hormonal
  • Perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak
  • Status gizi seseorang (terlalu gemuk atau justru terlalu kurus)
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi wanita

Tanda pasti dari kehamilan selain dengan melakukan tes kehamilan secara pribadi yang menunjukan hasil positif, bisa dilakukan dengan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Untuk dapat memastikannya, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan

Beberapa saran yang dapat Anda lakukan agar siklus haid teratur adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, lakukan olahraga ringan, dan beristirahatlah dengan cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.