Telat haid 3 bulan, apa penyebabnya?

K Info Penanya: K
Selamat pagi dok. Saya mau menanyakan adek saya sudah telat 3 bulann ini tidak haid, klo boleh tau penyebab nya apa? Dan cara mengembalikan supaya bisa haid apa? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, K.

Terlambat haid selama tiga bulan bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari pola hidup yang tidak sehat (sering mengonsumsi junk food, tidur larut malam), penyakit tertentu (gangguan tiroid, PCOS, obesitas, depresi), perubahan berat badan secara drastis dalam waktu singkat, maupun konsumsi obat-obatan tertentu.

Kondisi-kondisi di atas mengakibatkan hormon tubuh menjadi tidak seimbang, termasuk hormon yang mengatur datangnya haid. Jadi, agar haid kembali normal, hormon harus diseimbangkan kembali. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pola hidup sehat, yaitu:

  • Mengonsumsi buah dan sayur yang bervariasi
  • Rutin olahraga 3-4 kali seminggu, minimal 30 menit per sesi
  • Jaga berat badan ideal
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Kelola stres dengan rutin melakukan yoga dan meditasi
  • Hindari merokok dan minuman beralkohol

Apabila setelah melakukan hal-hal di atas, keluhan tidak kunjung membaik, periksakan adik Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Setelah diketahui penyebab pastinya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai, seperti obat-obatan hormonal atau edukasi untuk gaya hidup yang baik. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut herbal mengandung campuran rempah berkhasiat yang disebut dapat membantu menstruasi lebih teratur

Diklaim Bermanfaat, Amankah Pembalut Herbal untuk Digunakan?

Meskipun normal, bau vagina ketika menstruasi dapat membuat tidak nyaman. Saat ini, sudah tersedia pembalut herbal dengan kelebihannya yang dapat menutupi bau tak sedap akibat darah menstruasi. Seberapa efektif dan amankah pembalut herbal?