Haid tidak teratur, apakah bisa hamil?

K Info Penanya: K, Wanita, 26 Tahun
Dok sy mau bertanya haid sy tdk lancar kadang sy haid 4 bulan bru haid lagi itu pun kadang di picu dengan obat sehingga sy haid umur saya 26 thn apa kah sy ada peluang untuk hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K.

Wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur akan lebih sulit untuk mendapatkan momongan, tetapi tetap bisa diusahakan. Yang pertama kali harus dilakukan adalah menormalkan terlebih dahulu siklus haidnya, agar dapat menghitung masa subur dengan mudah.

Agar siklus haid teratur, hormon tubuh harus berada dalam kondisi seimbang. Berikut pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan agar hormon seimbang:

  • Mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, dengan porsi setengah piring setiap makan
  • Minum air putih yang cukup
  • Jaga berat badan ideal
  • Tidak tidur larut malam, dan usahakan tidur 7-9 jam per hari
  • Rutin berolahraga 3-4 kali per minggu, dengan durasi minimal 30 menit per sesi
  • Kelola stres dengan baik
  • Hindari merokok ataupun asapnya

Dengan demikian, hormon tubuh akan berangsur-angsur seimbang, dan siklus haid menjadi normal. Ketika siklus haid sudah normal, hitunglah masa subur Anda dengan panduan berikut, dan lakukan hubungan seks setiap dua atau tiga hari tanpa kontrasepsi. Lakukan ejakulasi di dalam, ya.

Apabila siklus haid sudah normal selama setahun berturut-turut, tetapi tak kunjung hamil, periksakan kondisi Anda bersama pasangan kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, misalnya USG transvaginal untuk Anda, atau analisis sperma untuk suami. Setelah diketahui masalahnya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai, bisa berupa obat, edukasi gaya hidup, atau saran untuk bayi tabung. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ukuran payudara bisa berubah dari waktu ke waktu karena berbagai faktor.

Bisa Berubah, Berapa Rata-Rata Ukuran Payudara Perempuan Indonesia?

Ukuran payudara bisa berubah karena banyak faktor. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengukurnya dengan tepat.