02 Jun 2020, 09:43Kandungan

Haid tidak teratur bagaimana solusinya?

NM
Info Penanya: NM, Wanita, 26 Tahun
Pagi dok . Dok saya mau tanya . Saya kan sudah lepas KB suntik bulan 6 tahun 2019 trus saya baru dapat halangan bulan 11 . Pas bulan 12 ny saya dapat halangan hanya 3 hari . Setelah itu gak dapat lagi sampai sekarang dok. Saya tes hasil ny negativ. Saya dulu suntik KB ny selama 3 tahun dok. Saya USG baik2 aja hasil ny dok. Gimana y dok ngatasi ny agar haid lagi.
11893 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore NM,Efek samping KB memang bisa bertahan beberapa bulan hingga 1 tahun. Efek samping yang dirasakan mengganggu adalah tidak haid, munculnya jerawat, dan berat badan menjadi bertambah.Efek samping KB ini berbeda-beda setiap orangnya, sehingga tidak bisa disamakan dengan wanita lain.

Lakukan pola hidup sehat agar siklus haid Anda kembali lancar dengan cara:

  • Perbanyak asupan sayur dan buah, terutama sayur hijau, kacang-kacangan, baik kacang hijau, kacang merah, kedelai, atau taoge.
  • Minum air yang banyak, rata-rata 2 liter setiap hari.
  • Rutin olahraga, misal 30 menit setiap hari.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Hindari stres, nikmati hidup Anda.
Bila dalam jangka waktu 1 tahun siklus haid Anda belum lancar, maka sebaiknya Anda melakukan USG ulang di dokter kandungan karena bisa saja ada gangguan seperti endometriosis, PCOS, atau yang lainnya. Bila hasilnya tetap tidak ada masalah, maka dokter akan meresepkan obat pelancar haid yang perlu diminum selama beberapa waktu tertentu.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidgangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil