Mengetahui masa subur pada haid tidak teratur

W Info Penanya: W, Wanita, 25 Tahun
dok bagaimana cara mngetahui masa subur soal ny haid saya tdk teratur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W.

Masa subur adalah waktu dimana sel telur yang telah siap dibuahi dilepaskan dari indung telur menuju saluran indung telur. Jika ada sel sperma yang berhasil mencapai rahim dan membuahi sel telur maka kehamilan dapat terjadi. Masa subur ini dapat beragam bergantung pada siklus menstruasi tiap wanita.

Pada siklus menstruasi yang teratur dan berlangsung setiap 28 hari memang masa subur dapat lebih mudah diketahui, yakni sekitar hari ke 10-15 jika dihitung dari hari haid pertama. Dengan puncak masa subur atau ovulasi umumnya di hari ke 14.

Akan tetapi, jika siklus haid tidak teratur, seperti pada pertanyaan Anda, Asosiasi Kehamilan Amerika (APA) merekomendasikan penggunaan kalkulator masa subur.

Berikut cara perhitungannya :

  • ingatlah tanggal terakhir hari pertama haid serta durasi siklus tersebut
  • masa subur umumnya terjadi pada hari ke-11 hingga ke 21 pada siklus menstruasi

sebagai contoh, jika hari pertama haid Anda, pada tanggal 28 Oktober 2018 dengan siklus 30 hari, maka perkiraan masa suburnya adalah 8-13 November 2018 dengan masa ovulasi pada tanggal 13 November 2018.

Kendati demikian, masa subur dapat berbeda pada setiap bulannya karena dipengaruhi berbagai faktor seperti gaya hidup, keadaan psikis, maupun penyakit. Karena itu, Anda pun dapat memperhatikan masa subur melalui tanda dan gejala yang dialami. Berikut saya lampirkan artikel "tanda-tanda masa subur" tersebut sebagai informasi yang lebih lengkap untuk Anda.

Jika Anda menginginkan informasi yang lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.