Bagaimana cara memperlancar haid?

U Info Penanya: U, Wanita
Hai dok , Dulu saya pernah tdk haid selama 1 tahun , tbtb haid lancar selama 6 bulan lalu tdk lancar krmbali . Usia sy 25 tahun berat 45 tinggi 164 . Single . Dan skg saya sdh tdk haid 5 bulan dan kadang sy suka mengalami flek coklat saja seperti layaknya haid , lamanya selama 3- 5 hari . Kadang keluar darah hanya di pagi . Itu kenapa yah dok , bagaimna agar haid saya lancar ? Saya hitung siklus haid saya saat haid lancar 41 h ,apakah normal dan ada kah gangguan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, U.

Menstruasi atau haid adalah hal teratur yang dialami wanita usia dewasa setiap rentang 21-35 hari. Jika seseorang mengalami haid di bawah 21 hari atau di atas 35 hari, atau tidak teratur, berarti siklus haidnya tidak normal. Haid biasanya berlangsung 3 sampai 8 hari, yang diawali dengan bercak darah kecokelatan, diikuti darah merah yang cukup deras, dan ditutup dengan bercak lagi.

Terkait kondisi Anda, tidak haid selama lima bulan adalah sesuatu yang tidak normal. Siklus haid selama 41 hari pun tergolong memanjang (meskipun datangnya teratur). Kondisi ini bisa disebabkan beberapa macam hal, di antaranya status gizi yang tidak normal (terlalu kurus atau gemuk), PCOS, kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, maupun stres yang berlebihan.

Anda bisa mencoba melakukan hal-hal berikut untuk memperlancar haid:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Konsumsi protein yang cukup setiap harinya, misalnya dari telur atau daging ayam kampung organik
  • Konsumsi rempah seperti jahe atau kunyit
  • Berolahraga secara rutin
  • Tidak begadang atau tidur terlalu malam
  • Hindari stres yang berlebihan
  • Capai berat badan ideal, untuk tinggi badan 164 cm adalah sekitar 54 kg

Apabila tak kunjung berhasil, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG rahim untuk mengetahui penyebab pastinya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut kain memiliki keunggulan dibandingkan pembalut sekali pakai

Pembalut Kain, Alternatif Sehat Kala Datang Bulan

Pembalut kain memiliki keunggulan maupun kelemahan dibanding pembalut sekali pakai. Keunggulan tersebut berupa lebih sehat, ramah lingkungan, dan tahan lebih lama.