Haid suka telat kadang 2 bulan atau sebulan tidak haid. Apa penyebabnya?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya, keluhan saya pada haid itu suka telat. Kadang 2bulan tidak haid dan 1 bulan haid. Suka telat per 2 bulan. Itu sebab nya apa yah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Haid belum teratur itu hal yang sering terjadi pada remaja atau wanita muda. Hal itu berkaitan dengan organ reproduksi yang belum matang dengan sempurna. Yang perlu menjadi perhatian bila tidak haid sebanyak 3 bulan berturut-turut. Sehingga pada kondisi anda masih belum perlu dikhawatirkan. Malah kalau khawatir, stres atau kecapean bisa mempengaruhi siklus haid itu sendiri.

Apalagi yang bisa mempengaruhi menstruasi anda, bila olahraga terlalu berat hingga berat badan kurus atau kelebihan berat badan sampai obesitas. 

Kalau masih khawatir bisa konsultasi dengan Dokter Kandungan biasanya diberi terapi pil KB. Lho kok pil KB? Iya karena pil KB itu mengandung hormon jadi bisa membantu menjaga keseimbangan hormon dan paga akhirnya haid jadi teratur.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelainan endometrium dapat menjadi penyebab gangguan kesuburan atau infertilitas

3 Kelainan Endometrium yang dapat Memicu Sulit Hamil

Kelainan pada endometrium dapat menganggu kesuburan yang berakibat sulit hamil. Ada tiga kelainan endometrium yang harus Anda waspadai, yaitu endometriosis, Endometrial hyperplasia, dan kanker endometrium.