03 Jun 2021, 01:22Kandungan

Apakah berhenti minum pil KB membuat haid banyak dan lama ?

MB
Info Penanya: MB0
Selama malam dok,saya Zuma di pemalang rt/rw:01/011,desa krasak sugihwaras,kelurahan sugihwaras,kecamatan pemalang,kabupaten pemalang,jawa tengah. Umur saya baru mencapai 31 tahun,saya haid sudah hampir satu minggu lebih ketika sudah selesai,muncul flek hitam berlarut larut,pertanyaan saya apakah saya normal atau efek dari sisa kb pil,karena saya lagi ngga minum pil kb sudah 4 bulan ini,,!mohon di jawab dok terimakasih,,,?
41 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, M.Haid terlampau lama dan banyak membuat wanita dapat mengalami kekurangan darah sehingga menimbulkan berbagai gejala seperti badan terasa lunglai, lemas, penglihatan berkunang-kunang, sempoyongan, mual, penurunan nafsu makan dan konsentrasi serta mudah mengantuk.

Apa yang menyebabkan haid lama dan banyak ?

Penyebab haid Anda yang hampir 1 minggu dilanjutkan muncul flek kehitaman dalam waktu lama dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Efek dari lepas KB yang membuat hormon menjadi tidak stabil.
  • Saat melakukan diet tidak sehat dengan berat badan tidak ideal.
  • Terlalu banyak pikiran yang membuat stress.
  • Kurang istirahat.
  • Adanya sumbatan pada saluran tuba.
  • Gangguan hormon karena hipotiroid atau hipertiroid.

Bagaimana cara mengatasi haid lama dan banyak ?

Cara mengatasi haid lama dan banyak antara lain :
  • Mencoba untuk menjalani pola hidup sehat.
  • Istirahat cukup.
  • Atasi setiap masalah dan jangan stress.
  • Lakukan diet sehat dan pertahankan BB ideal.
  • Konsumsi penambah darah.
Jika Anda masih haid dalam waktu lama, maka cari tahu penyebab pasti dengan melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil