Haid sudah hampir 3 minggu

FA Info Penanya: FA, Pria, 30 Tahun
Istri sya sudah hampir 3 minggu haidnya gk berhenti..bedanya..klo mlm kata dia darah haidnya gk keluar...tpi klo siang selalu keluar darah haidnya..????Apakah ini normal atau biasa terjadi...???Dan apakah ini adalah sebuah tanda penyakit yg berbahaya bagi istri sya.????Istri sya baru" ini melepas kb suntiknya...dia memakai suntik hampir 4 tahun dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FA,

Menstruasi yang normal berlangsung selama 3-7 hari dimana siklus menstruasi sendiri antara 21-35 hari sekali. Apabila terjadi menstruasi lebih lama dari 7 hari dapat menjadi tidak normal. Menstruasi yang banyak dan lama sendiri dapat disebut dengan Menorrhagia, penyebabnya sendiri diantaranya:

  • Gangguan hormonal
  • Efek samping alat kontrasepsi
  • Gangguan fungsi dari ovarium
  • Adanya tumor jinak pada rahim
  • Gangguan lain pada organ reproduksi
  • Penggunaan obat tertentu seperti pengencer darah
  • Memasuki masa menopause

Apabila sudah lebih dari 3 minggu belum juga berhenti dan disertai gejala lain semisal perdarahan lebih banyak, lebih sering mengganti pembalut, darah yang keluar berupa gumpalan besar, timbul tanda kekurangan darah, pusing, pucat atau pingsan maka perlu untuk segera diperiksakan agar diketahui penyebabnya. 

Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik dan penunjang berupa tes darah, USG, papsmear atau pengambilan sampel jaringan. Penangan sendiri akan diberikan baik dengan obat-obatan ataupun tindakan medis jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.