20 May 2021, 14:01Kandungan

Haid setelah hubungan intim, apakah berbahaya?

EW
Info Penanya: EW0
Dok, saya dan suami barusan hubungan, setelah hubungan tidak biasanya perut sakit kayak mw haid, setelah ke kamar mandi ternyata ada bercak merah seperti haid, apakah berbahaya dok? Karena mengingat tanggal haid saya 8 hari lagi. Mohon solusinya dok??
148 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang EW,Flek darah pasca berhubungan adalah kondisi yang bisa terjadi karena beberapa seperti akibat luka atau gesekan saat berhubungan seksual, robeknya selaput dara, adanya infeksi saat berhubungan seksual. Adanya peradangan pada vagina, ataupun masalah seperti adanya endometriosis, polip atau gangguan lain pada organ reproduksi juga bisa jadi penyebabnya.Tidak perlu terlalu khawatir jika flek hanya terjadi singkat, Anda bisa menunda untuk tidak berhubungan dulu dalam 2-3 hari. Upayakan bisa menggunakan pelumas tambahan karena jika vagina kering juga bisa menjadi pemicu terjadinya flek setelah berhubungan seksual.

Kapan flek darah perlu diperiksakan?

Apabila flek terjadi lebih dari 7 hari, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk dipastikan apa penyebabnya. Sementara jika saat ini timbul nyeri perut bisa dilakukan beberapa hal seperti:
  • Jaga kebersihan organ kewanitaan
  • Kompres perut dengan air hangat
  • Perbanyak minum air putih 
  • Jangan menahan keinginan buang air kecil
Jika timbul masalah lain seperti nyeri saat buang air kecil atau anyang-anyangan, maka perlu dilakukan pemeriksaan urine juga untuk melihat apakah ada infeksi saluran kemih yang terjadi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil