Mengapa pakai KB suntik jadi sering haid?

GV Info Penanya: GV
Hallo dok. Saya mau bertanya saya kb 3bulan selama kb itu full haid lumayan banyak dan nggak ada jedanya. Selama 6 bulan (2× kb 3bulan) lalu saya ganti kb 1 bulan, beberapahari setelah kb 1bulan langsung berhenti haid. Karna 2 kali kb1bulan gak haid saya disuruh berhenti sama suami takut kenapa2. Setelah berhenti kb kok sekarang sering banget haid kenapa ya dok? Setiap mau haid pasti perut bawah selalu sakit dulu (cuma waktu mau haid). Dan ini sudah 3kali haid cuma berhenti 3harian gak haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, GV.

 

Haid atau datang bulan merupakan siklus alamiah yang terjadi pada setiap wanita usia reproduktif. Siklus haid menandakan terjadinya peluruhan dinding rahim akibat tidak terjadinya proses pembuahan. Siklus haid terjadi pada rentang waktu 21-35 hari dengan siklus rata-rata kebanyakan wanita terjadi pada 28 hari. Periode haid terjadi 3-7 hari.

KB suntik merupakan jenis kontrasepsi darurat menunda kehamilan yang diberikan dengan cara disuntikkan kebagian tubuh tertentu. KB suntik ini ada yang 3 bulan dan 1 bulan. Keduanya sama-sama berisi hormon. Karena KB suntik berisi hormon tentunya hal ini dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur siklus haid wanita. 

Berikut ini efek samping dari KB suntik adalah sebagai berikut:

  1. Tidak teraturnya haid atau bahkan tidak haid sama sekali.
  2. Bisa terjadi perdarahan diluar siklus haid.
  3. Payudara menjadi nyeri.
  4. Kram perut.
  5. Mood mudah berubah-ubah.
  6. Sakit kepala.
  7. Kepadatan tulang berkurang sehingga meningkatkan risiko osteoporosis.
  8. Kesuburan akan lama kembali meskipun KB suntik telah dihentikan.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, haid yang sering datang dapat dikatakan haid yang tidak teratur. Hal ini dapat disebabkan oleh karena efek samping dari KB suntik yang Anda gunakan. Namun untuk memastikan kembali Anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan ya agar dilakukan usg rahim.

Sementara ini hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu memperlancar haid Anda adalah sebagai berikut:

  • Olahraga teratur.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Tidur yang cukup.
  • Minum air putih minimal 2-3 liter perhari.
  • Kelola stres dengan baik.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.