Haid datang lebih cepat, apakah normal

NV Info Penanya: NV, Wanita, 1 Tahun
Haid saya datang sblum tanggalnya apakah normal??di blan kmren haid ku mulai tgl 18 ini haid lgi tgl 11???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NV.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi atau haid merupakan perubahan yang terjadi pada tubuh wanita setiap bulannya dalam upaya mempersiapkan kehamilan. Pada dasarnya kriteria siklus menstruasi yang normal bisa berbeda pada setiap wanita. Namun, secara garis besar, acuan menstruasi yang normal berlangsung selama 21-35 hari. Rata-rata wanita mengalami siklus menstruasi yang berlangsung selama 28 hari. Namun apabila kisaran siklus yang dialami tidak konsisten tetapi masih dalam rentang normal tersbeut maka masih dalam batas yang wajar. Rentang waktu ini lah yang membuat kriteria normal pada setiap wanita dapat berbeda-beda.

Terkait dengan keluhan dan pertanyaan Anda, terdapat berbagai hal yang dapat memepengaruhi panjang atuapun pendeknya siklus menstruasi seorang wanita, diantaranya adalah usia. Seiring dengan pertambahan usia, siklus menstruasi dapat menjadi lebih pendek daripada ketika tahun-tahun awal seorang wanita mulai mengalami menstruasi.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba menghitung siklus Anda setiap bulannya untuk memastikan siklus haid normal pada Anda. Cobalah menghitung siklus menstruasi Anda dengan menandai hari pertama terakhir kali Anda mengalami menstruasi sebagai hari pertama siklus menstruasi, lalu hari pertama menstruasi berikutnya sebagai hari terakhir siklus. Hendaknya dilakukan dalam minimal tiga bulan siklus untuk dapat mengamati dan merata-ratakan siklus normal Anda.

Apabila keluhan yang Anda alami berlanjut seperti siklus menstruasi yang semakian memendek atau adanya gangguan siklus menstruasi lainnya, cobalah untuk berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kandungan untuk memastikan penyebab dari keluhan yang Anda alami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.