Haid saya 2 kali dalam sebulan, haidnya seperti biasa. Apa ada masalah dok?

D Info Penanya: D, Wanita, 21 Tahun
Dok kenapa haid saya 2 kali dalam sebulan ? Haidnya sprti biasa tidak ada yang aneh . Apa ada mslah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Seperti yang pernah saya utarakan sebelumnya kalau haid memang bervariasi dari lama haidnya, jumlah darahnya, kemudian seberapa sering haidnya. Terutama pada remaja dan wanita muda yang belum menikah atau memilki anak. Dikarenakan organ kandungannya dikatakan belum cukup matang sehingga masih bisa berubah-ubah. Faktor lainnya adalah faktor dari luar kandungan seperti faktor fisik yang kurang istirahat atau terlalu banyak aktivitas, faktor psikis seperti stres atau sedang banyak tekanan di rumah, sekolah atau tempat kerja. Olahraga berat, perubahan berat badan serta makanan tertentu juga bisa mempengaruhi menstruasi.

Bisa saja bulan ini anda haid dua kali dalam sebulan namun berikutnya menjadi seperti biasa atau malah telat dibanding biasanya. Yang perlu anda lakukan adalah relaksasi, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan mengurangi faktor stres. Bila anda khawatir dapat konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk evaluasi lebih lanjut seperti pemeriksaan laboratorium darah atau USG untuk melihat organ kandungan anda. Demikian penjelasan dari saya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

D
01 Sep 2019, 10:07
Saya memang remaja usia 22 thn dok . Sudah 2 bulan saya haid sebulan 2 kali dok .. diawal haid seperti biasa 3 hr sdh kelar . Nah kena lagi pas akhr bulan tp diakhr bulan ini haid sprtinya deras skli smpe hr ke 4 pun msh deras dan mereda di hari ke 5 . Smua darah haid normal sprti biasanyaa . Dan prut skit pun sprti biasa haid . Bagaiamana tanggapan dokter ?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.