12 Nov 2020, 18:28Kandungan

Haid sebulan dua kali, kemudian terlambat

KP
Info Penanya: KP0
Dok saya mu tanya dong udah 3 bulan saya tuh haid nya 2x terus itu kenapa ya? Terus bulan ini belum haid harus y sih haid tgl 7 tapi ini udah telat 5 hari apa harus d cek ke dokter apa gimana ya?
3357 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, KP.Haid yang berlangsung satu bulan selama dua kali bisa merupakan kondisi yang normal ataupun tidak. Perlu diketahui bahwa siklus haid yang normal memiliki jarak dalam rentang 21-35 hari. Jadi, apabila siklusnya pendek, maka haid sebulan dua kali bisa saja terjadi. Misalnya, pada siklus 22 hari akan dialami tanggal 1 dan 23.Tetapi, apabila setelah mengalami haid sebulan dua kali kemudian ada keterlambatan dari siklus biasanya, maka dikhawatirkan ada perubahan sistem hormon tubuh. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor pemicu, misalnya:
  • kehamilan
  • menggunakan alat kontrasepsi hormonal
  • kelelahan fisik akibat aktivitas berat
  • kecemasan berlebih
  • penyakit rahim seperti kista ovarium
Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan pola hidup sehat agar hormon tubuh dapat seimbang. Konsumsi makanan sehat dan perbanyak buah serta sayur, imbangi dengan air putih yang cukup. Lakukan olahraga rutin 3-4 kali per minggu, dan tidur cukup 7-9 jam per hari. Jangan lupa kelola stres dengan melakukan yoga dan meditasi secara rutin, ya.Apabila tidak mengalami haid selama tiga bulan berturut-turut, atau apabila haid berlangsung lebih dari empat belas hari, periksakan kepada dokter kandungan agar dapat diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil