06 Dec 2020, 18:00Kandungan

Penyebab dan jenis gangguan haid yang sering terjadi

NH
Info Penanya: NH0
Halo numpang bertanya,saat saya mulai mengeluarkan flek haid saya berhubungan dgn suami,setelah itu darah saya tdk klr selama kurang lebih 2 minggu,setelah itu november 23 keluar darah seperti flek sedikit sekali dan berwarna coklat gelap,dan berlangsung sampai hari ini,kadang keluar darah banyak kadang sedikit dan cuma berbentuk darah kental kecil,lalu kemaren saya berhubungan lagi karena sempat berhenti haid selama 2 hari,namun hari ini saya mengeluarkan darah cukup banyak,apakah hal itu wajar
460 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo N,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Perdarahan dari vagina yang terjadi setelah berhubungan seksual dapat dikarenakan luka gesekan pada vagina akibat penetrasi penis, atau memang terjadi karena proses haid. Perdarahan yang banyak melalui vagina dapat membuat seorang wanita menjadi anemia, untuk itu perlu mengkonsumsi vitamin penambah darah dan makanan yang kaya akan zat besi lainnya.

Penyebab gangguan haid

Penyebab gangguan haid dapat disebabkan oleh :
  • Gangguan siklus haid yang memanjang atau memendek dimana siklus haid rata-rata 28 hari, siklus haid normal berkisar 21 - 35 hari. Jika siklus haid memendek maka dapat terjadi durasi haid yang lebih lama. Namun jika siklus haid memanjang, maka durasi haid akan lebih memendek.
  • Penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon terutama suntik KB 3 bulan, pil KB yang mengandung progestin, dan KB implan.
  • Gangguan metabolisme tubuh akibat ketidakseimbang gizi seperti obesitas dan kekurangan gizi
  • Gangguan hormon tiroid

Jenis gangguan haid

Gangguan haid dapat terjadi di setiap wanita. Jenis gangguan haid antara lain :
  • Haid lebih banyak dan durasi haid lebih lama
  • Haid lebih sedikiit dengan duarasi yang lebih pedek kurang dari 3 hari
  • Nyeri saat haid 
  • Tidak haid setalah pernah haid maupun tidak haid dari awal
Jika keluhan haid Anda terus berlangsung menyebabkan Anda menjadi lemas, padangan berputar, rasa mual, maka Anda dapat ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut. Terapkan pola hidup sehat agar hormon dan metabolisme tubuh dapat berjalan baik. Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
kehamilanmenstruasianemia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil