26 Dec 2020, 17:30Kandungan

Berapa siklus haid saya?

KM
Info Penanya: KM0
selamat sore dok saya maria mau bertanya,,saya baru mendapat haid pertama setelah melahirkan pada bulan november tanggal 16 pada saat itu bayi saya berumur 10 bulan,kemudian bulan ini tanggal 2 kemarin saya datang bulan lagi.saya berhubungan dgn suami selalu memakai kondom.yang ingin saya tnyakan kapan jadwal haid saya yang sebenarnya.karena smpai hari ini saya belum haid kembali padahal perut saya sudah mulai kram ringan seperti mau haid.trims ats jwabanya .
251 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi KM,Menyusui adalah salah satu KB alami yang dengan sendirinya dapat mencegah kehamilan, namun cara ini tidak sepenuhnya efektif karena tergantung intensitas Anda menyusui. Bila Anda menyusui secara eksklusif maka cukup efektif namun tetap perlu didampingi oleh metode kontrasepsi yang lain seperti berhubungan seksual di luar masa subur, menggunakan kondom atau melakukan ejakulasi di luar vagina. Bila saat ini bayi Anda berusia 10 bulan maka dapat dianggap bahwa KB alami dengan menyusui sudah kurang efektif lagi.Perihal tanggal haid Anda yang berubah dari tanggal 16 November ke 2 Desember maka yang perlu Anda perhatikan adalah jaraknya, bukan tanggalnya. Karena siklus haid wanita masih dianggap normal bila jaraknya 21-35 hari sekali. Namun karena Anda memiliki jarak hanya 16 hari maka memang tergolong tidak normal. Tetapi Anda tidak perlu cemas karena Anda baru saja haid paska melahirkan, sehingga bisa saja hormonnya belum stabil karena Anda masih menyusui juga. Untuk perhitungan siklus haid sendiri biasanya dilakukan setelah Anda mencatat jadwal haid Anda selama 6 bulan sehingga bisa dilihat grafik atau perkiraan hari jarak haidnya, tidak bisa berpatokan pada 1 atau 2 bulan saja.

Yang perlu Anda lakukan agar siklus haidnya lancar adalah:

  • Banyak makan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kedelai, dll.
  • Minum susu almond.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Lakukan olahraga secara teratur agar pelan-pelan berat badan Anda kembali ideal.
  • Cukup tidur.
Bila nantinya setelah pengamatan 6 bulan ternyata siklus haid Anda masih tidak normal, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Salam sehat,dr. Vina
haidmenyusuigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil