17 May 2021, 22:10Kandungan

Haid pertama pada anak usia 13 tahun?

HK
Info Penanya: HK0
Dok,, ank perempuan saya umur 13 tahun dan baru pertama kali mengalami haid dan haid pertama itu keluar gumpalan darah berwarna merah pekat dan saat menggunakan softex tidak keluar apa2 dan seterusnya hanya keluar coklat2 dan begitu seterusny sampai suci. lalu ketika haid lagi tidak keluar darah dok hanya keluar coklat sampai 3 kali haid tidak pernah keluar darah dok, apakah itu bisa diatasi ataukah itu normal pada remaja 13 tahun?
66 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang HK,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Haid pertama pada anak biasa disebut dengan menarche. Menarche menandakan bahwa seorang anak perempuan sudah memasuki masa pubertas. Normalnya menarke terjadi pada usia 10-14 tahun. Namun pada beberapa kondisi bisa terjadi lebih awal. Biasanya menstruasi pertama belum langsung banyak. Terkadang ada yang muncul seperti flek kecoklatan ada juga yang muncul berupa gumpalan. Hal tersebut masih normal terjadi pada awal menstruasi.

Beberapa faktor yang mempengaruhi menarche :

  • Berat badan yang berlebihan atau berat badan kurang dan kurangnya aktifitas
  • Stres
  • Gangguan hormon
Anda tidak perlu khawatir jika menstruasi anak Anda keluarnya hanya sedikit atau menstruasi yang keluar tidak teratur datang setiap bulan. Biasanya menstruasi akan kembali normal ketika anak Anda sudah meliwati masa pubertas. Jika hingga masa pubertas menstruasi anak Anda belum membaik, Anda dapat menghubungi dokter kandungan atau lakukan konsultasi online chat ke dokter kandungan.Selalu jaga pola makan dengan konsumsi makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih, olahraga teratur, dan istirahat cukup.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
menstruasigangguan menstruasipubertas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil