16 Mar 2021, 08:34Kandungan

Haid pasca lahiran bagaimana yang normal?

RA
Info Penanya: RA0
Pagi dok. Sy reski dari makassar.. sy mau bertanya.. sy bru slesai operasi sesar 18hari yg lalu... dan beberapa hari ini haid sy tdk teratur.. klau hari ini haid pasti bsoknya tdk haid lagi dan seterusnya sprti itu.. apakah itu wajar?
137 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore RA,Masa nifas adalah masa pemulihan paska melahirkan yang umumnya berlangsung selama 40 hari lebih. Selama masa ini maka wanita akan mengalami perdarahan yang bercampur dengan lendir-lendir menyerupai keputihan. Cairan-cairan ini adalah sisa-sisa lemak, atau jaringan janin yang masih tertinggal di dalam rahim, sisa plasenta, dll. Sehingga pelan-pelan cairan tersebut akan keluar selama masa nifas tadi. Sehingga bila Anda mengalami perdarahan maka wajar saja terjadi.Perihal kondisi Anda yang keluar darahnya tidak rutin setiap hari maka tidak perlu cemas, yang penting tidak ada rasa kram berlebihan, tidak berbau busuk dan tidak gatal. Dengan berjalannya waktu memang darah yang keluar akan semakin sedikit dan warnanya akan semakin terang. Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga pola hidup sehat agar masa nifas Anda segera berakhir.

Yang perlu dilakukan saat masa nifas:

  • Jaga kebersihan kelamin dan rutin ganti pembalut setiap 3 jam sekali atau bila sudah terasa penuh.
  • Banyak minum air putih.
  • Jangan berhubungan seksual sebelum lewat 40 hari meski Anda tidak sedang mengeluarkan darah tetap tidak boleh berhubungan seksual.
  • Lakukan jalan santai setiap hari namun tidak berlebihan.
  • Minum asam folat untuk melancarkan ASI Anda.
  • Banyak makan sayur hijau dan protein.
Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila selama masa nifas muncul darah yang sangat banyak dan bergumpal-gumpal.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualpersalinanasam folat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil