28 May 2021, 16:20Kandungan

Apakah melahirkan caesar memengaruhi siklus haid?

DA
Info Penanya: DA0
Dok, saya 35tahun, melahirkan caesar 2thn yg lalu, yg ingin saya tanyakan, apakah melahirkan caesar mempengaruhi siklus haid? Karena sepengamatan saya, saya dulu haid cuma max 7hari, sekarang bisa 10hari lebih Apakaj kondisi seperti ini normal bagi yg melahirkan secara caesar??
89 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam DA,Melahirkan, baik normal maupun caesar, sebelumnya didahului oleh proses kehamilan. Pada saat seorang wanita hamil, maka hormon-hormon tubuhnya akan berubah agar rahimnya dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi janin. Setelah selesai hamil dan bersalin, hormon tubuh tidak serta-merta langsung kembali seperti normal, melainkan butuh waktu.Rata-rata wanita akan memiliki hormon yang kembali seimbang dalam waktu 3-24 bulan, bervariasi pada tiap individu. Namun, terkadang, ada wanita yang membutuhkan waktu lebih lama daripada ini. Apalagi, jika wanita tersebut mengalami hal-hal berikut:
  • stres akibat beban pikiran karena mengurus anak-anak
  • kelelahan fisik, karena bekerja tanpa henti
  • pola makan yang tidak teratur dan sering mengonsumsi junk food
  • sering begadang dan tidak cukup tidur
  • adanya penyakit rahim seperti mioma uteri
  • menggunakan kontrasepsi hormonal untuk menunda kehamilan selanjutnya
Nah, kemungkinan, siklus haid Anda yang memanjang disebabkan oleh belum seimbangnya hormon tubuh Anda pasca melahirkan (baik normal ataupun caesar). Untuk itu, coba lakukan upaya-upaya untuk menyeimbangkan hormon seperti memperbanyak konsumsi sayur dan buah, tidur cukup, olahraga rutin, dan kelola stres.Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk mengetahui kondisi rahim Anda saat ini. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil