Apa haid berkepanjangan adalah efek samping KB suntik?

AV Info Penanya: AV, Pria, 26 Tahun
Selamat malam dok, Saya pertama kali ikut kb suntik 3bln, trus saya menstruasi lbh dr 3mgg, setelah itu saya periksa krn ngerasa gk wajar dg kondisi spt itu, kemudian d ksh obat buat nyetop darah yg gk berhenti2, setelah obat ny hbs selang bbrp hari saya menstruasi lg dan kondisi ny sama spt haid yg 3mgg darah bnyak trus dok smp kepala sakit badan lemes. Ini normal apa ada apa2 ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AV.

Kontrasepsi adalah metode yang dilakukan oleh pasangan suami istri untuk menunda kehamilan. Ada pasangan yang memilih untuk menggunakan kontrasepsi alami, seperti menghitung masa subur atau metode lendir serviks. Lalu, ada juga pasangan yang lebih memilih untuk menggunakan kontrasepsi buatan, karena tingkat efektivitas yang lebih tinggi.

Kontrasepsi buatan ada beberapa jenis, di antaranya:

  • Kondom
  • IUD atau spiral, ada yang hormonal dan non-hormonal
  • Suntik, ada yang 1 bulan dan 3 bulan
  • Pil
  • Implan atau susuk

Masing-masing kontrasepsi memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Kontrasepsi yang Anda gunakan yaitu suntik 3 bulan mengandung zat aktif progestin, yang merupakan hormon progesteron sintetik. Progesteron sebenarnya adalah hormon alami yang dihasilkan oleh tubuh wanita. Oleh karena itu, penggunaan kontrasepsi suntik akan memengaruhi hormon normal dan menimbulkan beberapa efek samping, salah satunya adalah mengganggu siklus haid.

Apabila siklus haid terganggu tanpa gejala tambahan, maka hal itu masih bisa dikategorikan sebagai efek samping yang normal. Tetapi, apabila hal ini terjadi dengan disertai nyeri kepala dan badan lemas seperti yang Anda alami, hal ini tentu tidak normal. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan apakah Anda masih bisa menggunakan kontrasepsi suntik atau tidak.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut herbal mengandung campuran rempah berkhasiat yang disebut dapat membantu menstruasi lebih teratur

Diklaim Bermanfaat, Amankah Pembalut Herbal untuk Digunakan?

Meskipun normal, bau vagina ketika menstruasi dapat membuat tidak nyaman. Saat ini, sudah tersedia pembalut herbal dengan kelebihannya yang dapat menutupi bau tak sedap akibat darah menstruasi. Seberapa efektif dan amankah pembalut herbal?