28 Aug 2020, 12:36Kandungan

Haid normal atau tidak setelah menggunakan KB suntik

GK
Info Penanya: GK, Wanita, 23 Tahun
Dok , saya mau tanya kan saya sekarang berhenti pakai KB suntik 3 bulan . setelah 6 bulan kemudian saya dapat Haid tapi hanya sekitar 3 atau 4 hari dapat haid nya .Tapi waktu lalu saya haid terus selesai tapi masih ad flek yg keluar warna hitam lalu ke coklat begitu .Terus sekarang sudah normal , tapi saya keputihan putih pucat bgitu & perut bwah pusar suka nyeri , Itu penyebabnya kenapa yaa ?
4952 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi GK,Menstruasi normalnya adalah terjadi selama 3-7 hari dengan siklus setiap 21-35 hari sekali. Jika menggunakan kontrasepsi terutama KB suntik dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti misalnya ada masalah siklus menstruasi, perdarahan diluar siklus menstruasi ataupun adanya efek samping lainnya.Apabila ada flek yang keluar diluar masa menstruasi bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:
  • Mengalami masalah hormonal
  • Adanya sisa menstruasi
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi seperti adamya kista, PCOS, tumor jinak pada rahim
  • Infeksi pada area sekitar panggul
  • Penyebab lainnya
Jika disertai keputihan bisa ada infeksi di organ kewanitaan juga, jadi bisa coba periksakan diri apa yang jadi penyebabnya. Untuk sementara yang utama adalah menjaga kebiasaan sehari-hari dengan menerapkan gaya hidup sehat, istirahat cukup, tidur cukup, olahraga rutin, kelola stres dengan baik.Jika dirasa efek samping KB suntik kurang nyaman, ada baiknya bisa berkonsultasi juga agar bisa mengganti metode KB sesuai dengan kebutuhan Anda dengan efek samping yang minimal. Beberapa metode lain yang bisa dipilih seperti pil KB, kondom, KB implan, KB IUD atau pilihan lainnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbkontrasepsikeputihanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil