17 Mar 2021, 10:21Kandungan

Lepas KB suntik bagaimana caranya langsung hamil?

JR
Info Penanya: JR0
Dok,saya mau tanya.. Saya kemarin pakai kb suntik 3bln,dan selama 6 tahun lebih saya nggak haid,dan pada tgl 17 januari 2021,saya ganti pake kb 1 blan saya ngak haid. Pada hari ini 17 Maret saya kembali lagi melakukan suntikan,tapi saya belum melakukan suntikan,rencananya saya mau lepas kb 1 bln.Apakah bisa langsung hamil..??
136 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore JRKB suntik adalah alat kotrasepsi yang sangat sering digunakan karena praktis dan efektif dalam mencegah kehamilan. Baik Kb suntik 1 bulan maupun 3 bulan menggunakan hormon progestin dalam mencegah kehamilan dengan menghambat pematangan dan pelepasan sel telur. Karena itu efek samping penggunaannya salah satunya haid yang tidak lancar bahkan tidak haid sama sekali.

Alasan Tidak Bisa Langsung Hamil Setelah Lepas Kb suntik

Selain itu salah satu kelemahan dari KB suntik adalah setelah tidak melanjutkan penyuntikkan anda tidak bisa segera hamil. Hal ini dikarenakan masih tersisanya efek-efek KB suntik dalam tubuh yang bisa menetap berbulan-bulan bahkan hinga tahun, terutama pada penggunaan yang lama.

Agar Cepat Hamil Setelah Lepas KB Suntik

Organ reproduksi membutuhkan waktu yang lama untuk dapat pulih dan berfungsi kembali dalam memproduksi hormon-hormon reproduksi yang berperan dalam proses pematangan dan pelepasan sel telur. Untuk menyokong pemulihan tersebut anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
  • Berolahraga rutin 3-4x seminggu minimal 30 menit
  • Capai berat badan ideal, tidak terlalu gemuk atau kurus
  • Konsumsi banyak buah, sayur, protein dan air putih
  • Hindari paparan rokok dan minum alkohol
  • Konsumsi asam folat 400mcg perhari dan multivitamin untuk kesehatan reproduksi
  • Mengatasi stres
Selain itu berkonsultasilah ke dokter spesialis kandungan untuk merencanakan program kehamilan. Apabila anda sudah haid, catatlah siklus haid dan hitung masa subur anda, bisa juga dibantu dengan aplikasi di smartphone.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil