Haid ngga teratur, saat berhubungan keluar di dalam. Apakah bisa hamil?

LJ Info Penanya: LJ, Wanita
Mau nanya dok... Saya setiap hubungan suami istri sperma suami saya keluar nya d luar.. Trus suatu saat sperma suami keluar nya d dalam bardngan sm saya.. Tp haud saya ga tentu selama ini ada 3 bln sekali.. Poko nya ga tentu.. Apakah saya bisa hamil..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LJ

Bila berhubungan dengan ejakulasi di dalam kemungkinan hamil cukup besar. Tapi masih ada beberapa faktor yang berperan. Pertama apakah Anda sedang ovulasi yaitu masa dimana sel telur dikeluarkan untuk dibuahi. Usia sel telur sekitar 12-24 jam, jadi jika Anda sedang ovulasi maka Anda bisa hamil.

Kemudian faktor kedua adalah dari suami. Usia sperma di dalam Vagina kurang lebih 2-3 hari, jika setelah berhubungan Anda baru ovulasi 2 hari kemudian maka kemungkinan bisa hamil. Untuk mencapai saluran tuba fallopi (tempat sel telur menunggu untuk dibuahi) diperlukan sperma dalam jumlah banyak dengan gerakan/mobilitas yang gesit.

Jadi sebetulnya banyak syarat yang perlu dipenuhi agar bisa hamil. Saya lampirkan artikel mengenai Cara Mengetahui Masa Subur untuk panduan Anda. Bila memang belum berencana hamil saya sarankan setelah Anda menstruasi untuk menggunakan salah satu metode kontrasepsi. Bila tidak nyaman menggunakan kondom bisa memilih metode lainnya. Saya lampirkan artikel mengenai Pilihan Metode Kontrasepsi untuk Pria dan Wanita.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.