Haid hanya flek selama 2 hari, apa penyebabnya?

YA Info Penanya: YA, Wanita, 1 Tahun
Dok mau tanya HPHT tgl 12 maretSelama bulan april sya haid hanya keluar flek merah muda Slm 2 hari. Seperti ini knp ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore YA,

Haid yang hanya flek bisa karena haid yang kurang lancar ataupun bisa sebagai tanda kehamilan. Apabila setelah menstruasi sebelumnya ada riwayat hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi maka bisa coba lakukan pemeriksaan dengan testpack.

Apabila ternyata hasil testpack negatif, ada beberapa hal yang menjadi pemicu haid yang hanya flek atau menstruasi tidak lancar seperti diantaranya:

  • Gangguan hormonal
  • Adanya masalah di organ reproduksi seperti tumor jinak, endometriosis, ataupun kista
  • Gangguan psikologis seperti terlalu lelah, stres, cemas
  • Aktivitas fisik berat
  • Efek penggunaan kontrasepsi

Jadi bisa perhatikan dalam 2 minggu jika tidak juga menstruasi bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack ulang. Jika tetap negatif, perbaiki pola hidup sehari-hari dan bisa gunakan minuman untuk melancarkan haid seperti jahe, kunyit, cuka apel ataupun kayu manis dan juga bisa konsumsi nanas.

Jika tidak juga haid sampai 90 hari, ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan agar dipastikan penyebabnya salah satunya dengan dilakukan pemeriksaan USG. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.