11 Dec 2020, 10:42Kandungan

Haid menjadi lebih cepat setelah mengkonsumsi vitamin promil

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 27 Tahun
Dok, saya sudaj 2 tahun 5 bulan menikah. biasanya siklus haid saya 3 bulan sekali. Sudah 1 bulan ini saya mengkonsumsi Blackmores I Folic, kurma, susu prenagen dan mengurangi konsumsi untuk program hamil. Namun ternyata haid saya menjadi lebih cepat menjadi 13 hari. Jadi dalam 1 bulan saya 2 kali haid. Apakah itu berbahaya dok? Baiknya saya stop saja atau tetap lanjutkan mengkonsumsi semua itu dok?
810 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam FF,Siklus haid yang terlalu cepat adalah jika terjadi kurang dari 21 hari sekali. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor dan yang paling berperan adalah masalah hormonal. Beberapa faktor lain yang juga bisa berpengaruh pada siklus menstruasi yang terlalu cepat diantaranya adalah:
  • Kondisi psikis seperti stres
  • Adanya infeksi pada organ kewanitaan
  • Masalah organ reproduksi seperti endometriosis
  • Penggunaan alat KB

Gangguan siklus menstruasi

Jika siklus haid terlalu cepat, dalam 1 bulan bisa terjadi beberapa kali menstruasi. Kondisi ini merupakan gangguan siklus menstruasi yang disebut dengan istilah polimenore. Jika terlalu sering mengalami perdarahan terlebih darah yang keluar juga cukup deras bisa berisiko menyebabkan terjadinya anemia atau kekurangan darah.Untuk itu apabila dalam 1 bulan terjadi lebih dari 2 kali menstruasi segera periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Beberapa suplemen yang digunakan untuk membantu agar bisa segera hamil bisa tidak berpengaruh langsung. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil