Mengapa haid memanjang pada usia remaja?

LT Info Penanya: LT
Dokter anak sy usia 10 tahun baru mulai haid. Ini haid yg ke 3. Haid pertama 3 hari haid ke 2 6 hari. Tapi haid ke3 ini sudah 24 hari belum berhenti jg. Sdh priksa ke spesialis kandungan katanya gapapa krn hormon belum stabil karena baru awal2 haid. Tapi apakah ada orang lain yang haidnya memanjang seperti anak sy itu. apakah normal dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,

 

Haid akan terjadi ketika anak mulai matang secara fisik dan memasuki masa pubertas. Haid ini dimulai dengan adanya perubahan hormon dan bentuk fisik pada seorang wanita untuk mempersiapkan proses kehamilan. Biasanya dimulai sejak usia 10 – 12 tahun. Untuk masa haid umumnya terjadi antara 3 -7 hari.

Adapun hal yang mempengaruhi siklus haid adalah:

  • Hormon tidak stabil
  • Perubahan berat badan yang mendadak terlalu gemuk atau terlalu kurus
  • Penyakit radang panggul
  • Miom, pertumbuhan jaringan tidak normal didalam rahim
  • Obat-obatan, misalnya pil KB
  • Penyakit kelainan darah, Hemofilia

Terkait dengan pertanyaan Anda hal ini wajar dialami oleh putri Anda, biasanya setelah 2 tahun mengalami siklus Haid siklus tersebut baru akan teratur, namun tidak menutup kemungkinan siklus haid putri Anda baru akan teratur ketika sudah mengalami haid selama 6 tahun.

Sebaiknya jaga kondisi putri Anda dengan banyak makan buah, sayur, berolahraga teratur, perbanyak minum air putih, dan konsultasikan kembali putri Anda ke dokter spesialis kandungan jika sudah lebih dari 6 tahun haid putri Anda masih tidak teratur.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam Sehat,

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RO
26 Apr 2020, 03:52
Dok! Saya mauk bertanya knpa mensturasi saya berlebihan yaa dokBeerlangsungan sampai 12hari
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
26 Apr 2020, 11:37
Selamat siang, RO.
Mentruasi yang berlebihan disebut juga dengan menoragia. Penyebab umumnya adalah perubahan hormon dan ovulasi, penggunaan obat-obatan tertentu, adanya miom, polip rahim, adenomiosis, obesitas, penyakit radang panggul dan lain-lainnya. Untuk semantara Anda dapat mengonsumsi ekstrak adas untuk membantu menghentikan haid. Namun jika berlanjut sebaikanya periksakanlah ke dokter Kandungan untuk mengetahui penyebabnya dan mendapat penangan yang sesuai.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kayu manis dapat digunakan untuk membuat minuman pelancar haid alami

5 Minuman Pelancar Haid Alami Ini Bantu Anda Yang Sering Telat Datang Bulan

Beberapa perempuan mungkin ada yang rutin membeli minuman pelancar haid demi menstruasi yang lancar. Padahal tidak harus membeli, Anda bisa menemukan bahan-bahan alami untuk membuat minuman pelancar haid sendiri di rumah.