03 Dec 2020, 12:49Kandungan

Faktor yang mempengaruhi hasil test pack

IK
Info Penanya: IK0
Waktu bulan oktober saya haid tanggal 28 okt lalu saya berhubungan intim tanggal 19 november setelah berhubungan intim haid saya maju 5 hari dok jadi tanggal 23 november haid selama 6 hari normal keluar gumpalan .lalu tanggal 2 desember saya iseng test pack hasilnya negatif ..apakah mungkin terjadi kehamilan dok ..soalnya saya sudah haid 6 hari
3574 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo I, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Siklus menstruasi normal sekitar 21-35 hari, dihitung dari hari terakhir haid Anda yaitu 28 Oktober ke hari pertama Haid selanjutnya yaitu 23 November, yaitu 26 hari masih dalam siklus menstruasi normal. 

Proses terjadinya kehamilan

Jika setelah Anda berhubungan seksual terjadi proses menstruasi maka kemungkinan kehamilan dapat disingkirkan. Karena kehamilan didahului oleh salah satu gejala yaitu telat haid.Terjadinya kehamilan melalui proses pembuahan sel telur yang sudah matang oleh sperma. Pembuahan ini dapat terjadi sesaat setelah berhubungan intim atau hingga 5 hari ke depannya. Karena sperma dapat hidup di dalam organ wanita selama 5 hari tergantung kualitas sperma dan keasaman vagina. Setelah pembuahan berhasil, sel telur akan berubah menjadi zigot yang akan berkembang menjadi janin dan menempel di dalam rahim (proses inplantasi) sekitar 5-10 hari setelah proses pembuahan berhasil. Setelah terjadi proses implantasi maka tubuh akan mengeluarkan hormon kehamilan yaitu hormon HCG yang dapat meningkat secara tajam, terus stabil hingga persalinan.

Faktor yang mempengaruhi hasil test pack

Hormon HCG ini yang dapat membuat hasil positif pada test pack. Namun test pack negatif belum tentu tidak hamil, karena bisa terjadi hormon yang belum terlalu tinggi, alat yang kurang sensitif, urin yang terlalu sedikit, atau keasaman vagina yang terlalu tinggi.Pengecekan test pack yang optimal menggunakan urin di pagi hari dengan jarak pemeriksaan telat haid yang sudah lebih dari siklus menstruasi yaitu 35 hari, atau 3 minggu setelah berhubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman dan KB.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kontrasepsipenyakit kandungangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil