Mengapa siklus haid tidak teratur? apakah hamil?

AY Info Penanya: AY, Wanita, 1 Tahun
Selamat siang dok, saya datang bulan tanggalnya selalu maju, 18februari,16maret,12april dan bulan ini belum ada tanda2 datang bulan, Apakah sudah bisa dikatakan hamil atau apa yang harus saya lakukan agar tidak datang bulan?Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AY

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Manstruasi dapat terjadi salah satunya karena adanya peran dari hormonal. Siklus menstruasi normal terjadi pada 21-35 hari. Adapun cara menghitungnya dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Selain kehamilan, terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

Adapun hal-hal tersebut adalah:

  • Masalah hormonal
  • Stres
  • Aktifitas fisik yang berlebih dan menyebabkan kelelahan
  • PCOS
  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • Status gizi (terlalu gemuk / terlalu kurus)
  • Penggunaan KB hormonal

Kehamilan adalah kondisi yang dinantikan setiap pasangan. Tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dari tes kehamilan, hasil pemeriksaan fisik dari dokter dan juga hasil pemeriksaan USG kandungan.

Terkait dengan keluhan Anda, pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari stres dan kelelahan, istirahat dengan cukup, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar, serta cukupi kebutuhan cairan harian.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.