Bagaimana haid yang normal dan berapa lama?

SU Info Penanya: SU
malam dok bulan ini haid saya untuk pertama kalinya lebih dari 2 minggu dan di hari ke sebelas keluar gumpalan gumpalan darah dan seperti ada lemak lemak tipisnya dok dan ada sedikit nyeri di perut bagian bawah..tapi setelah keluar gumpalan itu nyerinya hilang tapi darah keluar sedikit sedikit sampai sekarang sudah lebih dari 2 minggu..mohon penjelasannya.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Setiap wanita pasti mengalami masa haid sejak masa pubertas. Normalmya siklus haid pada wanita ini berkisar antara 21 hari sampai dengan 35 hari yang bisa dihitung sejak hari pertama haid pada bulan ini hingga hari pertama haid pada bulan berikutnya. Sedangkan, seorang wanita dikatakan nomal jika mengalami masa haid 3-7 hari. Kondisi yang terjadi ketika wanita mengalami haid lebih dari 7 hari, ataupun mengalami haid dalam jumlah yang banyak (berlebihan) kerap disebut dengan istilah menorrhagia.

Adapun beberapa kondisi yang bisa mempengaruhi haid seorang wanita adalah:

  • Adanya masalah hormonal, seperti PCOS
  • Adanya stres dan kelelahan
  • Adanya perubahan berat badan mendadak arena penyakit tertentu atau karena diet
  • Adanya maslaah pada organ reproduksi wanita, seperti endometriosis, polip rahim, kanker serviks dan lain lain
  • Adanya efek samping dari obat-obatan terntentu dan atau penggunaan KB

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, perlu dilakukan pemeriksaan untuk dapat menentukan penyebab pastinya. Untuk itu sebaiknya segera periksakan ke dokter sepsialis kandungan terdekat agar Anda mendapatkan tatalaksana serta terapi pengobatan yang sesuai.

Untuk sementara, tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menghindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah buahan, berolahraga dengan rutin agar badan tetap sehat, serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara merawat miss V adalah dengan memperhatikan warna darah menstruasi yang keluar

Ini 5 Cara Merawat Miss V Saat Menstruasi dengan Tepat!

Berbeda dari biasanya, Anda perlu melakukan penyesuaian untuk merawat vagina saat sedang menstruasi. Salah satu cara merawat Miss V saat menstruasi adalah dengan rutin mengganti pembalut.