02 Sep 2021, 20:49Kandungan

Haid lebih awal

A
Info Penanya: A, Wanita, 25 Tahun
Dok, kenapa ya saya sudah selesai haid, lalu 5 hari kemudian sudah haid lagi? Kondisi sekarang sedang menyusui, umur bayi 5 bulan.
90 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaannya.Siklus haid dihitung dari awal haid sebelumnya dan awal haid setelahnya.  Normal berada di rentang 21-35 hari sekali.  Saat jeda antara haid kurang dari 21 hari maka terjadi gangguan siklus haid, yaitu siklus haid pendek.  

Penyebab siklus haid pendek :

  • Stres dan cemas. 
  • Obesitas atau badan terlalu kurus. 
  • Kehamilan dan menyusui. 
  • Penggunaan KB hormonal. 
  • Usia puber atau menopause. 
  • Gangguan pada hormon tiroid.  
  • Gangguan pada rahim contohnya kista, polip, radang panggul, endometriosis.  
Jika jeda 5 hari dari selesai sudah haid lagi dengan darah dan durasi seperti biasa haid maka ada kemungkinan adanya faktor hormonal yang terganggu yang mungkin terjadi karena sedang menyusui.   Sementara ini anda dapat rubah dulu pola hidup agar hormon stabil seperti dengan jaga berat badan seimbang, banyak minum air putih, kurangi pengawet, pemanis buatan dan kafein, olahraga teratur, serta menghindari begadang dan kelola stres.  Dengan cara ini biasanya dapat membantu siklus haid kembali normal.  Apabila cara tersebut tidak membantu dan siklus haid pendek berulang di 2 bulan kedepan ada baiknya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan USG sehingga dapat dipastikan apakah karena hormonal yang tidak stabil atau ada gangguan lainnya.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil