31 Aug 2021, 22:26Kandungan

Penyebab haid tidak teratur hingga haid sampai 10 hari

ED
Info Penanya: ED0
Mlm dokter...saya biasanya haid selalu teratur tp kmrn sy telat sampai 2 Minggu, tp setelah itu sy haid tp sampai 10 HR blm selesai .apakah normal
205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, E.Haid tidak teratur dapat terjadi karena banyak hal salah satunya penggunaan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi mengandung hormonal seperti pil KB, implan dan suntik KB membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Haid bisa maju maupun mundur dari jadwal seharusnya. 

Apa yang menyebabkan haid tidak teratur hingga haid sampai 10 hari ?

Anda yang biasanya haid selalu teratur lalu Anda telat haid hingga 2 minggu, setelah itu Anda haid sampai 10 hari belum selesai, ini merupakan haid yang tidak normal. Normalnya haid teratur setiap bulan dengan siklus 21 hingga 35 hari dan durasi haid 3 hingga 7 hari. Haid tidak teratur yang Anda alami dapat disebabkan oleh berbagai faktor antara lain :
  • Gangguan hormon akibat KB, PCOS, endometriosis, mioma uteri, kista ovarium, tumor pituitari.
  • Gangguan horrmon tiroid.
  • Gaya hidup tidak sehat.
  • Berat badan berlebih atau kurang.
  • Sedang stress atau depresi.
Anda sebaiknya harus mulai menjalani pola hidup yang sehat agar hormon yang mengatur siklsu haid menjadi stabil dan haid teratur kembali. Jangan lupa untuk membiasakan diri olahraga minimal 15 menit hingga 30 menit, jaga berat badan ideal, tidak stress dan istirahat cukup. Konsultasi ke dokter spesialis kandungan saat haid Anda selalu tidak teratur, haid dalam jumlah yang banyak disertai nyeri perut hebat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil