30 Dec 2020, 15:49Kandungan

Penyebab telat haid apakah karena kehamilan atau sebab yang lain ?

IH
Info Penanya: IH0
Pada 15/10, sy dan isteri melakukan oral sex..isteri telah skip period pada bulan 1o..dan kami melakukan UPT test dah keputusan negative..pada 19/11 isteri sy telah datang haid dan ia bukan pendarahan implantasi atas faktor masa proses implantasi(12 hari), pendarahan yg bnyak bukan spotting bleeding, masa pendarahan selama 8 ari berturut. Dan sekarang isteri sy tidak datang haid lg..adakah ini tanda dia hamil atau haid dia lambat..dan period isteri tidak teratur sebelum ini...boleh doktor bg pen
618 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, I.Berhubungan seksual dapat menyebabkan kehamlan yang ditandai dengan telat datang bulan. Telat datang bulan juga dapat diikuti dengan gejala hamil yang lainnya, seperti rasa mual dan muntah sepanjang hari, namun lebih berat terasa saat pagi hari, keram perut bagian bawah yang disertai dengan flek kecoklatan, rasa ingin terus berkemih walah minum dan urin yang dikeluarkan hanya sedikit, perubahaan mood yang naik turun, nyeri dan pegal di payudara. Namun semua gejala hamil ini belum tentu dirasakan oleh setiap wanita, bahkan banyak wanita yang tidak mengetahui jika dirinya hamil.

Penyebab telat haid apakah karena kehamilan atau sebab yang lain ?

Durasi haid istri Anda selama 8 hari merupakan durasi yang lebih pajang dari durasi haid normal sekitar 3 hingga 7 hari. Jika dihitung dari hari pertama haid terakhir istri Anda alami yaitu di tanggal 19 bulan November ke hari ini, yaitu 31 Desember maka siklus menstruasi Istri Anda sekitar 42 hari dimana ini lebih dari siklus normal mentruasi yaitu 21 hingga 35 hari. Siklus haid yang memanjang bisa disebabkan oleh kehamilan ataupun hal yang lain diantaranya :
  • Gangguan hormon esterogen dan progesteron akibat penggunaan alat kontrasepsi hormonal.
  • Gangguan metabolisme tubuh karena penyakit seperti penurunan hormon tiroid (hipotiroid), gangguan pembekuan darah, penyakit kronis yang disertai malnutrisi, dan obesitas, gangguan cemas menyeluruh, serangan panik yang disertai stress.
  • Penyakit kelebihan hormon androgen di tubuh wanita yang disebut dengan polycystic ovarium syndrome (PCOS).
  • Tumor yang menekan ovarium sehingga ovulasi menjadi terganggu.

Cara mengatasi telat haid dan siklus haid yang tidak teratur

Cara mengatasi telat haid dan siklus haid yang tidak teratur selain karena kehamilan antara lain :
  • Menerapkan pola hidup sehat dan berat badan ideal.
  • Biasakan diri untuk berolahraga sekitar 15 hingga 30 menit setiap harinya.
  • Ganti alat kontrasepsi hormonal dengan alat kontrasepsi non hormonal seperti spiral atau kondom.
  • Kelola pekerjaan, rasa cemas, panik, stress, dengan baik.
  • Periksa ke dokter kandungan jika keluhan telat haid terus berlanjut bisa dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang seperti USG.
Jika Istri Anda telat haid yang diikuti dengan salah satu tanda kehamilan, istri Anda bisa lakukan pemeriksaan urin menggunakan testpack dengan urin di pagi hari dimana konsentrat urin lebih tinggi. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidtes kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil