Haid lama sampai dengan 27 hari, apa penyebabnya?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 18 Tahun
Dok knapa ya, saya haid ko lama nympe 27hari. Padhal saya lagi nggak kecapean ataupun stress
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Haid seperti pengutaraan saya sebelumnya kalau banyak faktor yang berpengaruh. Dari faktor psikis dan fisik keduanya berperan karena akan mempengaruhi hormon anda. Kalau pada kasus anda berdasarkan pertanyaan anda yang lain di forum, saya rasa akibat kondisi anda yang sering berubah moodnya, merasa ada yang membicarakan dan merasa ingin mati. Kemungkinan anda sudah depresi lama dan tidak mungkin tidak ada stres dalam pikiran anda. Sehingga akhirnya hormon anda menjadi berubah-ubah tampak dari mood anda sehingga menstruasi anda menjadi lama. Keluhan nyeri sendi otot dan pegal juga bisa berasal dari depresi anda. 

Sudah waktunya anda bicara langsung dengan Dokter untuk mendapatkan terapi secara holistik dan keseluruhan. Bicarakan dengan orang terdekat anda, keluarga, pasangan atau teman anda. Bila anda pendam sendiri makin banyak keluhan yang akan anda rasakan. Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Serotonin adalah senyawa kimiawi tubuh yang berperan dalam perbaikan mood

Mengenal Serotonin, Senyawa Kimiawi Tubuh yang Berkaitan dengan Kebahagiaan

Serotonin adalah senyawa kimiawi otak yang berperan dalam rasa bahagia. Rendahnya kadar serotonin dikaitkan dengan gangguan psikologis. Adakah cara untuk meningkatkan serotonin?