20 Jul 2021, 12:00Kandungan

Kenapa darah haid menggumpal dan nyeri hebat?

AF
Info Penanya: AF0
Selamat siang dok, mau tanya ya. Saya sudah menikah selama 1,5 tahun, tapi belum dikaruniai anak. Ketika haid keluar gumpalan darah (seperti daging sebesar telapak tangan. Sementara, perut saya sakit sekali hingga hampir mau pingsan. Hal itu saya alami setelah menikah. Dulu sebelum menikah tidak sakit seperti sekarang. Kenapa ya, dok? Kira-kira, saya masih bisa punya momongan tidak? Terimakasih
117 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, AFTerima kasih atas pertanyaannya.Kadang kala ada waktu dimana haid wanita mengalami gangguan salah satunya darah yang menggumpal.  Darah yang menggumpal dikatakan normal ketika gumpalan tidak terlalu besar, sekitar kurang dari 2.5 cm, terjadi hanya pada awal haid, dan berwarna merah terang hingga seperti merah marun.  Jika diluar itu maka termasuk pada gumpalan haid abnormal. 

Penyebab haid menggumpal :

  • Ketidakseimbangan hormon karena faktor usia puber, menopause, menjelang menopause, stres dan perubahan berat badan yang signifikan.
  • Fibroid rahim yaitu adanya tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim sehingga akan menimbulkan gangguan menstruasi, nyeri panggul, nyeri saat hubungan intim, atau masalah pada kesuburan.
  • Endometriosis yaitu jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar dari bagian rahim sehingga timbul keluhan nyeri hebat terutama saat haid, rasa sakit saat hubungan intim.
  • Penyumbatan rahim sehingga kontraksi rahim tidak adekuat menyebabkan darah menjedal dan keluar dalam bentuk gumpalan.
  • Keguguran dini.
  • Penebalan dinding rahim yang abnormal.
  • Kelainan pada sel darah.
Bila hal ini sudah sering dialami dan juga disertai nyeri hebat saat haid, tidak ada salahnya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan USG rahim guna penanganan lanjutan. Terkait hamil, selama masih haid maka potensi hamil masih tetap ada.  Sementara ini bisa jaga berat badan seimbang, perbanyak air putih, istirahat cukup, kelola stres dan cemas, makan sehat bebas pengawet, dan olahraga teratur untuk bantu jaga hormonal stabil dan siklus haid tidak terganggu. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
polip rahimpenyakit rahimendometriosisgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil