Haid 2x dalam sebulan karena KB, normal atau tidak?

FS Info Penanya: FS, Wanita, 27 Tahun
selamat malam Dok,saya lepas KB implan pada bln september,lanjut KB suntik 3 bulan,pada bulan november saya dijadwalkan KB tapi saya tidak KB karena selama KB saya tidak haid,sampai bulan April baru keluar darah haid 7 hari,setelah itu 6 hari kemudian saya haid lagi..kenapa ya Dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB implan dan KB suntik merupakan jenis dari alat kontrasepsi hormonal. Kedua KB ini berisi hormon progesteron yang bekerja untuk mencegah terjadinya ovulasi dan menebalkan lendir di sekitar leher rahim sehingga menyulitkan sperma untuk masuk ke rahim. 

KB implan memiliki efek samping berupa haid menjadi tidak teratur atau terkadang tidak haid sama sekali, darah haid menjadi lebih banyak atau lebih sedikit, berat badan bertambah, jerawat, payudara nyeri, depresi, dan sakit kepala. Sedangkan KB suntik memiliki efek samping yang hampir sama dengan KB implan, yaitu sama-sama membuat siklus haid menjadi tidak teratur. 

Terkait kondisi Anda ini, haid yang Anda alami adalah efek dari pemakian KB suntik dan sisa efek dari KB implan yang sudah pernah Anda gunakan sebelumnya. Ini merupakan hal yang wajar. Karena, kondisi hormon dalam tubuh Anda belum stabil sehingga itu mempengaruhi pada siklus haid Anda dan membutuhkan waktu untuk membuat hormon wanita menjadi stabil.

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir. Jika kondisi ini terus menerus Anda rasakan dan ditambah dengan gejala lain muncul seperti jerawat, berat badan yang bertambah, payudara terasa nyeri, dll, maka saya sarankan untuk Anda kontrol kembali ke dokter kandungan atau bidan Anda agar dievaluasi kondisi Anda ini. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbagai cara agar tidak hamil dilakukan oleh sejumlah pasangan yang memilih untuk menunda kehamilan hingga waktu yang tepat

Ingin Menunda Kehamilan? Lakukan Cara Agar Tidak Hamil Ini

Berbagai cara agar tidak hamil dilakukan oleh sejumlah pasangan yang memilih untuk menunda kehamilan hingga waktu yang tepat. Nah, bagi Anda yang termasuk aktif dalam rutinitas hubungan biologis, tetapi memilih untuk menunda kehamilan, penting mengetahui cara agar tidak hamil setelah melakukan hubungan seksual berikut ini.