Kenapa haid kacau setelah minum obat?

T Info Penanya: T
Selamat malam dok, Saya tiara, 29 tahun sudah menikahSebelumnya saya pernah keputihan kuning berbau lalu ke dokter diobati sembuh Tetapi entah kenapa setelah berobat itu haid saya jadi kacau, tanggalnya maju dan flek seminggu dulu baru haid Itu kenapa ya dok? Apakah efek dari berobat kah?Lalu kapan sembuh ya dok, karna saya ingin sekali hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang T,

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina dan bisa bersifat normal atau tidak normal. Ciri-ciri keputihan yang normal adalah berwarna bening, tidak gatal, dan tidak berbau. Bila keputihan berubah warna, terasa gatal, atau berbau amis atau busuk maka bisa dianggap sebagai keputihan yang tidak normal.

Penyebab keputihan tidak normal:

  • Infeksi jamur.
  • Bakterial vaginosis.
  • Infeksi menular seksual seperti klamidia, gonore, trikomoniasis.

Obat-obatan yang sering diresepkan untuk menangani keputihan adalah obat anti jamur atau antibiotik, dan obat-obatan tersebut tidak mempengaruhi siklus haid. Bila siklus haid Anda menjadi tidak teratur, maka disebabkan oleh hal lain seperti kelelahan, perubahan berat badan, kurangnya asupan nutrisi, faktor kelelahan atau sering bergadang, PCOS, dll.

Sebaiknya perbaiki pola hidup Anda, dan rutin berolahraga agar siklus haid kembali lancar. Namun bila siklusnya tetap berantakan maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG. Dari USG bisa dilihat ada kelainan atau tidak pada organ reproduksi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan selama masa kehamilan adalah hal yang normal terjadi selama tidak terjadi infeksi

Keputihan Saat Hamil, Amankah?

Keputihan saat hamil adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika keputihan saat hamil berwarna kuning atau hijau, berbau menyengat, disertai dengan kemerahan dan gatal pada vagina bisa menjadi tanda dari keputihan yang abnormal dan tidak wajar.