Haid hanya 4 atau 5 hari, apakah bermasalah?

R Info Penanya: R
Maaf dok sy mau tanya.. Stiap bln sy haidny rutin dan hampir stiap bln maju jarang telat.. Tp haid sy paling lama cuma 4 hari atau 5 hari udh bersih lg.. Kira2 bersmasalah gk dokter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Terimakasih R atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Menstruasi atau haid adalah bagian dari siklus menstruasi . Pada kondisi ini terjadi perdarahan dari vagina selama beberapa hari. Perdarahan ini muncul ketika meluruhnya dinding rahim setelah mengalami penebalan. Proses penebalan ini merupakan proses normal dan merupakan bagian dari persiapan kehamilan. Ketika ovum tidak dibuahi, terjadi perubahan hormon yang membuat luruhnya dinding rahim.

Lalu bagaimana menstruasi yang normal?

  • Proses ini umunya terjadi setiap 28 hari. Namun bisa lebih cepat atau lebih lama dimulai, berkisar 21-35 hari. Pada tahun pertama atau kedua mentruasi, biasanya siklus lebih panjang. Akibat adanya siklus ini, haid juga tidak selalu dimulai di tanggal yang sama. Serta pada usia yang lebih tua, durasi akan lebih memendek dan konsisten.
  • Untuk durasi lama menstruasi beragam. Mulai dari 2-7 hari. Durasi menstruasi pada tahun-tahun awal biasanya lebih panjang. Namun akan berangsur normal dan memendek seiring bertambahnya usia.
  • Jumlah sekitar 30-40 ml per bulan. Jumlah tersebut merupakan jumlah normal. Jika lebih dari 60 ml, kondisi ini disebut menorrhagia. Kondisi menorrhagia biasanya ditandai dengan mengganti pembalut hampir setiap jam, membutuhkan 2 pembalut sekaligus untuk mengatasi perdarahan, ataupun harus berganti pembalut saat tengah malam.

Bila menstruasi Anda masih sesuai dengan kriteria diatas berarti menstruasi Anda dalam batas normal.

Namun apabila terjadi hal berikut:

  • Nyeri hebat saat menstruasi yang membuat tidak bisa beraktivitas atau bahkan pingsan.
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi.
  • Menstruasi dengan durasi terlalu panjang ataupun terlalu pendek
  • Haid berlebih hingga menyebabkan lemas ataupun sesak
  • Jarang antar siklus menstruasi yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh.

Segera konsultasikan diri Anda ke dokter apabila mengalami hal tersebut.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan

Sakit Perut Saat Haid Mengganggu? Kenali Berbagai Penyebabnya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Kenali penyebab nyeri haid Anda dan atasi dengan cara menghilangkan sakit perut saat haid berikut ini.