Haid hanya 4 atau 5 hari, apakah bermasalah?

R Info Penanya: R
Maaf dok sy mau tanya.. Stiap bln sy haidny rutin dan hampir stiap bln maju jarang telat.. Tp haid sy paling lama cuma 4 hari atau 5 hari udh bersih lg.. Kira2 bersmasalah gk dokter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Terimakasih R atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ.

Menstruasi atau haid adalah bagian dari siklus menstruasi . Pada kondisi ini terjadi perdarahan dari vagina selama beberapa hari. Perdarahan ini muncul ketika meluruhnya dinding rahim setelah mengalami penebalan. Proses penebalan ini merupakan proses normal dan merupakan bagian dari persiapan kehamilan. Ketika ovum tidak dibuahi, terjadi perubahan hormon yang membuat luruhnya dinding rahim.

Lalu bagaimana menstruasi yang normal?

  • Proses ini umunya terjadi setiap 28 hari. Namun bisa lebih cepat atau lebih lama dimulai, berkisar 21-35 hari. Pada tahun pertama atau kedua mentruasi, biasanya siklus lebih panjang. Akibat adanya siklus ini, haid juga tidak selalu dimulai di tanggal yang sama. Serta pada usia yang lebih tua, durasi akan lebih memendek dan konsisten.
  • Untuk durasi lama menstruasi beragam. Mulai dari 2-7 hari. Durasi menstruasi pada tahun-tahun awal biasanya lebih panjang. Namun akan berangsur normal dan memendek seiring bertambahnya usia.
  • Jumlah sekitar 30-40 ml per bulan. Jumlah tersebut merupakan jumlah normal. Jika lebih dari 60 ml, kondisi ini disebut menorrhagia. Kondisi menorrhagia biasanya ditandai dengan mengganti pembalut hampir setiap jam, membutuhkan 2 pembalut sekaligus untuk mengatasi perdarahan, ataupun harus berganti pembalut saat tengah malam.

Bila menstruasi Anda masih sesuai dengan kriteria diatas berarti menstruasi Anda dalam batas normal.

Namun apabila terjadi hal berikut:

  • Nyeri hebat saat menstruasi yang membuat tidak bisa beraktivitas atau bahkan pingsan.
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi.
  • Menstruasi dengan durasi terlalu panjang ataupun terlalu pendek
  • Haid berlebih hingga menyebabkan lemas ataupun sesak
  • Jarang antar siklus menstruasi yang terlalu dekat ataupun terlalu jauh.

Segera konsultasikan diri Anda ke dokter apabila mengalami hal tersebut.

Semoga jawaban yang diberikan dapat membantu.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MP
27 Apr 2020, 21:11
Saya hanya 5 hari apa itu normal dari pertma waktu haid smpai sekarang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
28 Apr 2020, 03:06
Selamat pagi MP,
Durasi haid normalnya berlangsung selama 2-7 hari. Bila durasi haid Anda selama 5 hari artinya masih normal, jadi Anda tidak perlu cemas.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh A
22 May 2020, 03:54
Dok saya mau tanya awal sya haid tgl 6 bulan mei dan ini haid lagi tanggal 22 bulan mei jadi maju satu Minggu. Selama tidak halangan sya berhubungan dengan suami sya. Mengapa jadi cepat haidnya ? Saya kira saya akan hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 May 2020, 11:15
Selamat siang A,
Siklus haid bisa maju atau mundur tergantung faktor stres, kelelahan, perubahan berat badan, dll. Selama siklus haid masih dalam rentang waktu 21-35 hari maka masih tergolong normal. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila darah yang keluar sangat banyak.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh AN*
13 Jun 2020, 22:02
Salam dok saya mau tanya saya hair cuma 4 -5 hari itu normal atau tidak do? Dulu saya masa umur 16 tahun deras banget, tapi tiba di umur 20 ini saya gak deras dok itu gimana dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 Jun 2020, 05:07
Selamat pagi, AN.
Durasi haid normal umumnya 3-8 hari, maka lama haid Anda yang berkisar 4-5 hari masih dalam batas normal. Terkait dengan derasnya pengeluaran darah haid saat remaja dapat berhubugan dengan keadaan pubertas yang mengalami masa naik turunnya hormon dengan drastis dan umumnya saat dewasa muda keadaan hormon sudah lebih stabil sehingga tidak sederas saat remaja. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Kandungan.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tapi haid tidak mungkin terjadi

Hamil tapi Haid, Mungkinkah Terjadi?

Ada sebagian orang yang merasa dirinya mengalami haid saat hamil. Ketika hamil, vagina memang dapat mengeluarkan darah dari vagina. Namun, hamil tapi haid itu sebenarnya tidak mungkin terjadi.