Timbul keputihan dan flek setelah berhubungan intim

SA Info Penanya: SA, Wanita, 24 Tahun
Hallo dok, saya mau tanya dokterDok bulan ini saya haid tgl 4 dok dan biasanya berlangsung 8hr dok, tgl 11 Sy sudah selesai dok, lalu Sy berhubungan di tgl 12/13 GT dok, kemudian tgl 15 sampai saat ini keluar flek berwarna merah mudah bercampur keputihan bening dok dan terakhir ini keputihan bewarna putih tanpa darah. Itu kenapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Keputihan adalah cara organ kewanitaan membersihkan adanya sel-sel mati dan juga kotoran secara alami. Tetapi jika keputihan berubah warna, menjadi berubah konsistensinya serta ditambah gejala lain seperti adanya rasa gatal, perih saat buang air kecil atau saat berhubungan intim, ada bau khas maka bisa merupakan keputihan yang tidak normal. 

Penyebab keputihan

Penyebab keputihan tidak normal sendiri diantaranya adalah:

  • Peradangan vagina
  • Infeksi bakteri
  • Infeksi jamur
  • Infeksi parasit
  • Infeksi menular seksual

Apabila timbul flek diluar masa menstruasi dan sebelumnya ada riwayat melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, maka bisa mungkin sebagai tanda kehamilan, ataupun bisa juga disebabkan perdarahan pasca berhubungan seksual seperti akibat polip rahim, tumor jinak dan beragam penyebab lain.

Jadi bisa perhatikan apabila flek timbul lebih sering dan lebih dari 7 hari perlu diperiksakan. Apabila nantinya ada terlambat haid, bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan test pack untuk mengetahui apakah hamil atau tidak.

Jaga kebersihan dan kesehatan organ intim dengan rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam, hindari menggunakan pembalut dalam waktu lebih deri 4 jam, basuh dengan air hangat dan keringkan sampai benar-benar kering terutama setelah buang air. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelainan endometrium dapat menjadi penyebab gangguan kesuburan atau infertilitas

3 Kelainan Endometrium yang dapat Memicu Sulit Hamil

Kelainan pada endometrium dapat menganggu kesuburan yang berakibat sulit hamil. Ada tiga kelainan endometrium yang harus Anda waspadai, yaitu endometriosis, Endometrial hyperplasia, dan kanker endometrium.