18 Mar 2021, 00:29Kandungan

Haid di saat hamil apa mungkin?

A
Info Penanya: A0
Apakah masih ada kemungkinan hamil dok apabila berhubungan intim lalu 10 hari kemudian menstruasi? Mungkin tidak dok jika hamil tetapi masih dpt haid?
134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam A,Wanita hamil tidak mungkin haid, namun bisa saja terjadi perdarahan yang menandakan adanya masalah pada kehamilannya atau munculnya darah implantasi tanda janin menempel pada rahim. Perdarahan-perdarahan inilah yang seringkali disalah artikan sebagai darah haid. Namun bila Anda yakin sedang haid, maka tentu saja tidak akan terjadi kehamilan.

Bagaimana membedakan antara darah haid dengan darah implantasi?

  • Darah implantasi akan muncul pada hari ke 6-12 setelah Anda berhubungan seksual, tentunya berhubungan seksual di masa subur.
  • Darah implantasi hanya berupa bercak atau flek dengan warna pink atau coklat muda.
  • Darah implantasi berlangsung maksimal 3 hari.
Bila Anda tidak yakin, maka Anda bisa melakukan tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Sebaiknya untuk selanjutnya gunakan kondom atau KB bila memang tidak siap hamil. Karena kondisi stres takut hamil akan membuat Anda terlambat haid dan tampak seolah-olah sedang hamil. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan bila Anda sudah siap memakai KB. Banyak pilihan KB yang bisa Anda gunakan baik berupa pil KB, suntik KB, implan atau IUD. Setidaknya gunakan kondom bila Anda tidak ingin menggunakan KB.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil