Haid datang lebih cepat, apa penyebabnya ?

RF Info Penanya: RF
Biasanya sy selalu menstruasi di akhir bulan. Tp bulan kemarin lbh cpt, tgl 16. Dan bulan ini tgl 10. Apa penyebabnya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RF.

Haid datang lebih cepat atau tidak sesuai dengan siklus yang biasanya, dapat terjadi karena berbagai faktor. Umumnya faktor-faktor tersebut mempengaruhi aktivitas hormon pengatur siklus haid. Salah satu dari faktor tersebut adalah usia, siklus menstruasi dapat menjadi lebih pendek daripada tahun-tahun awal seorang wanita mulai mengalami menstruasi, seiring dengan pertambahan usia.

Adapun berbagai faktor lainnya yang meliputi :

  • berat badan yang turun atau naik secara drastis
  • stres atau gangguan emosional lainnya
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kondisi medis dan penyakit tertentu seperti PCOS, fibroid rahim, gangguan kelenjar tiroid, infeksi organ reproduksi dan lain-lainnya

Mengenai haid Anda yang datang lebih cepat atau mengalami siklus yang maju sejatinya dalam batasan normal apabila masih pada rentang 21-35 hari. Diluar rentang tersebut, baik kurang maupun lebih dapat mengindikasikan adanya gangguan. Untuk sementara cobalah mengamati siklus haid Anda selama 3 bulan kedepan sembari melakukan tips alami berikut ini.

Beberapa diantaranya ialah :

  • olahraga minimal 3 kali dalam semiggu, dengan durasi 30 menit setiap sesinya
  • konsumsi air rebusan jahe, kunyit dan bubuk kayu manis
  • konsumsi larutan cuka apel organik secara rutin setiap harinya
  • mengonsumsi vitamin D dan B kompleks
  • berusaha mencapai berat badan yang ideal

Apabila keluhan haid yang datang lebih cepat pada Anda, semakin hari semakin membuat siklus haid memendek dan menjauhi rentang siklus yang normal, ada baiknya berkonsultasi secara langsung pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.